blank
Mobil pengangkut sayur terguling di depan Lapangan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri. Menyebabkan pengemudinya tewas dan seorang penumpangnya luka-luka.

WONOGIRI – Kecelakaan lalu lintas tunggal, dialami oleh mobil pikap Grand Max berplat nomor AG 9422 VG. Mobil yang tengah mengangkut dagangan sayur-mayur ini, mendadak oleng dan terguling. Menyebabkan pengemudinya tewas, dan seorang penumpangnya mengalami luka ringan.

Kejadiannya berlangsung di ruas jalan antarprovinsi Wonogiri (Jateng)-Pacitan (Jatim), tepatnya di depan Lapangan Giriwoyo (sekitar Kilometer 60 setelatan Kota Wonogiri). Pengemudi mobil yang tewas bernama Puryanto (40), warga asal Dusun Ngelo RT 3/RW 3, Desa Conto, Kecamatan Bulukerto, Kabupaten Wonogiri.

Targedi kecelakaan maut ini, berlangsung setelah mobilnya terguling karena menabrak tumpukan material di tepi jalan dan menabrak tiang telepon. Kapolres Wonogiri AKBP Uri Nartanti Istiwidayati dan Kapolsek Giriwoyo Iptu Wartadi melalui Kasubag Humas Polres Iptu Suwondo, menyatakan, kecelakaan tunggal tersebut terjadi Senin dinihari (30/9) pukul 03.30.

Saat itu, mobil yang dikemudikan Puryanto, mengangkut dagangan sayur-mayur, melaju dari arah utara ke selatan. Setibanya dia ruas jalan datar dan lurus depan Lapangan Giriwoyo, mendadak oleng dan sulit dikendalikan atau mengalami kejadian out of control, serta menabrak tumpukan material dan tiang telepon di tepi kanan jalan. Sebelum kemudian berhenti dalam posisi terguling.

Polisi bersama warga masyarakat yang mendatangi lokasi kecelakaan, segera memberikan petolongan mengangkut korban ke rumah sakit terdekat. Tapi sopir Puryanto keburu tewas, dan seorang penumpangnya, Dwiyana Saputra (25), warga asal Dusun Saratan RT 1/RW 5 Desa Sumberagung, Kecamatan Batuwarno, mengalami luka ringan pada bagian tangan dan kakinya.

Sementara itu, dari Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri, dilaporkan terjadi tabrakan sesama sepeda motor yang menyebabkan pengendaranya mengalami luka parah dan luka ringan. Dua sepeda motor yang terlibat tabrakan, terdiri atas Honda GL-Pro dengan plat nomor AD 6342 PG dengan Yamaha Mio AD 5821 AYG. Lokasi tabrakan di ruas jalan raya Purwantoro-Wonogiri, tepatnya di depan Pasar Purwantoro (sekitar 45 Kilometer arah timur Kota Wonogiri).

Keterangan yang dihimpun dari lokasi kecelakaan menyebutkan, saat kejadian sepeda motor Honda GL-Pro dikendarai oleh Yogik Dwi Prasetyo (17), warga Dusun Wotgalih RT 2/RW 7, Desa Bakalan, Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri, berboncengan dengan Reza Raufkhoirudin (16) warga asal Dusun Jangkung RT 1/RW 1, Desa Sendang, Kecamatan Purwantoro.

Sepeda motor Yamaha Mio saat itu dikemudikan oleh Erni Lowati (32) Dusun Gelang Kroyo, Kecamatan Badegan, Kabupaten Ponorogo. Dalam kecelakaan ini, Erni mengalami patah kaki kanan dan dirujuk ke RS Karima, Surakarta. Kejadiannya bermula ketika Erni menyeberang di depan Pasar Purwantoro, dan dari arah timur melaju sepeda motor Honda GL-Pro. Karena jarak begitu dekat, maka terjadilah tabrakan. Pengendara Honda GL-Pro dan pemboncengnya mengalami luka ringan.

suarabaru.id/Bambang Pur