blank
Siswa SLB Negeri Kota Magelang berkunjung ke perpustakaan, (Humas Pemkot Magelang)

 

MAGELANG – Fasilitas di Perpustakaan Kota Magelang yang makin lengkap mendorong minat baca kalangan disabilitas. Beberapa hari lalu siswa SLB Negeri Kota Magelang berkunjung ke perpustakaan yang berlokasi di Jalan Kartini, Kecamatan Magelang Tengah.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Kota Magelang, Isa Ashari mengatakan, pihaknya terus memberi tambahan fasilitas  dan kenyamanan para pengunjung perpustakaan. Termasuk kenyamanan dan keramahan terhadap para pengunjung berkebutuhan khusus.

‘’Kami sediakan komputer khusus untuk teman-teman disabilitas, seperti tuna netra, tuna rungu, tuna wicara dan sebagainya. Kami juga sediakan huruf braile khusus di ruang baca komputer,’’ kata Isa, Minggu (29/9)

Lewat guru pembimbingnya, sekitar 15 anak berkebutuhan khusus tuna rungu itu melakukan wisata edukasi. Mereka antusias melihat ruangan demi ruangan yang tertata rapi di Perpustakaan Kota Magelang.

‘’Pustakawan kami menjelaskan kepada guru pembimbingnya, lalu diteruskan oleh guru pembimbing dengan bahasa isyarat untuk mempelajari aneka layanan yang disediakan,’’ ujarnya.

Pustakawan Perpustakaan Kota Magelang, Mungki Mulianti menuturkan, selain siswa SLB, pihaknya juga mendapat kunjungan ratusan siswa dari MI Muhammadiyah Terpadu Harapan.

‘’Bikin kagum anak-anak SLB ternyata sangat antusias mendengarkan penjelasan dari pustakawan yang diteruskan guru pembimbing mereka. Bahkan, sesekali mereka mencatat dan tak segan bertanya maupun berdiskusi,’’ tuturnya.

Respons yang sangat baik dari siswa SLB ini tidak lepas dari peranan Perpustakaan Kota Magelang. Sebab, sejak awal perpusatakaan terus memberikan inovasi dan gagasan baru, agar kunjungan dari berbagai kalanganpun terus bertambah.

‘’Perpustakaan Kota Magelang tak hanya menyediakan ilmu pengetahuan dan literasi tapi juga teknologi, toleransi, interaksi, komunikasi dan lainnya. Perpustakaan menjadi media pembelajaran di dunia nyata. Termasuk menjadi perpustakaan yang ramah bagi penyandang kebutuhan khusus,’’ ungkapnya. (hms)

Editor : Doddy Ardjono