blank
James Milner/dok

LIVERPOOL – Peran James Milner buat Liverpool tak sebatas pemain di lapangan. Lebih dari itu, dia adalah anutan bagi pemain-pemain muda The Reds. Milner turun sebagai starter ketika Si Merah mengalahkan tuan rumah Milton Keynes Dons 2-0 pada putaran ketiga Piala Liga Inggris, Kamis (26/9) dini hari WIB. Milner membuka gol yang kemudian dilengkapi Ki-Jana Hoever.

Pada laga ini Liverpool banyak menurunkan beberapa pemain muda. Milner (33) menjadi penggawa paling senior di lapangan. Usianya nyaris dua kali lipat dibanding sejumlah young guns seperti Harvey Elliot (16), Rhian Brewster (19), Curtis Jones (18), dan Ki-Jana Hoever (17). Meski menjadi pemain yang paling tua, Milner tetap bisa menjadi bintang lapangan. Selain satu gol, dia menyumbang sebuah assist.

Manajer Liverpool Juergen Klopp menyanjung tinggi kontribusi Milner. Menurut dia, mantan pemain Manchester City itu adalah contoh bagus bagi para pemain muda. “Milner sedang penuh semangat, dan itu bagus. Dia teladan nyata bagi para pemain muda. Benar-benar hebat,” ungkap Klopp seperti dikutip Mirror. Milner disebutnya paling berpengalaman dan punya ritme terbanyak di lapangan.

Terkait kiprah pemain-pemain mudanya, manajer 52 tahun itu menyatakan masih perlu untuk membuktikan diri. Hal itu demi kelangsungan karier mereka ke depan. “Kita tak perlu membuat yang lebih besar dari yang diperlukan. Mereka semua bagus, tapi kami tidak harus mengatakan yang ini ada dan yang ini tidak. Mereka semua berada di lingkungan yang tepat, itu yang terpenting,” jelas Klopp. (rr)