blank
Meski panas matahari menyengat tidak menyurutkan para personel Polres Grobogan mengikuti latihan menembak ini. Foto: Hana Eswe.

GROBOGAN – Guna meningkatkan kemampuan agar lebih siap dalam melaksanakan tugas, para personel Polres Grobogan yang memegang senjata api diajak untuk latihan menembak bersama. Latihan ini dipusatkan di Lapangan Tembak Gunungrejo, Desa Depok, Kecamatan Toroh, Senin (24/9).

Latihan ini dipimpin langsung Ketua Tim Menembak, AKP Lamsir. Sebelum diadakan latihan, para personel mendapatkan bimbingan teknis mengenai pengetahuan cara pengoperasian senjata laras pendek. Bimbingan teknis ini diharapkan bisa menjadi pedoman agar para peserta harus memahami cara penggunaan senjata. Termasuk dalam menjaga keamanan pada saat digunakan sebab jika terjadi kesalahan akan berakibat fatal.

Dikatakan AKP Lamsir, tujuan dari latihan menembak ini untuk meningkatkan kemampuan anggota. Selain itu, kecakapan anggota dapat ditingkatkan melalui latihan ini. Mantan Kasat Sabhara Polres Grobogan itu menambahkan, latihan ini wajib diikuti seluruh personel yang memegang senpi Polres Grobogan.

Menurut dia, tugas polisi memang sangat berat. Terutama pada saat berada di lapangan sehingga dalam bertugas, polisi harus memiliki kemampuan dan keterampilan menembak yang baik.

“Tingkat ancaman ke depan semakin berat, maka anggota polisi harus mengasah pengetahuan dan kemampuannya sehingga mereka dapat menjadi polisi yang mengayomi, melindungi dan melayani masyarakat yang baik,” ujar pria yang kini menjabat sebagai Kapolsek Karangrayung itu.

AKP Lamsir mengungkapkan, latihan ini menggunakan senjata laras pendek dan laras panjang. Para personel diminta agar mengaplikasikan latihan menembak ini secara cepat dan tepat.

“Untuk latihan kali ini, para peserta melakukan latihan menembak dengan jarak sasaran 25 meter dan 15 meter menggunakan senjata api laras pendek dan 35 meter untuk senapan laras panjang,” tambah AKP Lamsir.

Terlihat dalam kegiatan ini, para personel fokus pada titik target dalam latihan menembak ini. Fokus dalam latihan ini diperlukan agar tepat sasaran atau tidak meleset dari target yang hendak ditembak. Dalam latihan ini, sejumlah perwira polisi juga ikut diantaranya Kapolsek Penawangan, AKP Sapto.

suarabaru.id/Hana Eswe.