blank
Anggota IDAMAN mengisikan air bersih ke gentong-gentong milik warga yang sedari pagi sudah mengantre. (Foto : Hana Eswe).

GROBOGAN – Sebanyak enam lokasi menjadi fokus Ikatan Driver Ambulans (IDAMAN) Grobogan untuk melakukan penyaluran air bersih. Droping air bersih ini dilakukan sebagai bagian aksi sosial yang dilakukan para supir ambulan di Kabupaten Grobogan.

Ketua IDAMAN Grobogan, Tri Handoko menjelaskan, kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk perhatian komunitas tersebut terhadap krisis air bersih yang dialami di sebagian wilayah Kabupaten Grobogan. Handoko, sapaan akrabnya, mengungkapkan, pihaknya merasa senang ikut ambil bagian dalam kegiatan sosial ini.

“Kami dari IDAMAN memberikan bantuan berupa penyaluran air bersih ke beberapa tempat di Kabupaten Grobogan. Bantuan ini merupakan aksi sosial sekaligus bentuk kepedulian kami terhadap masyarakat yang terdampak krisis air bersih. Terlebih di musim kemarau ini,” ujar Handoko, Selasa (24/9).

Bantuan air yang diberikan komunitas ini sudah disalurkan ke empat desa di antaranya di Desa Telawah (Karangrayung), Desa Wates (Kradenan), Desa Karangrejo (Gabus), dan Kecamatan Geyer. Sembari menyalurkan air bersih, warga juga diberikan pengetahuan mengenai komunitas IDAMAN tersebut.

“Harapan kami dalam kegiatan ini agar mereka yang mengalami dampak krisis air bersih dapat sedikit diringankan bebannya dan kemudian masyarakat juga semakin mengenal IDAMAN. Kami berikan sosialisasi kepada mereka tentang apa saja yang masyarakat ketahui tentang komunitas ini.’’

‘’Terutama imbauan kepada warga agar ketika berpapasan dengan ambulan di jalan raya wajib memberikan jalan agar pasien bisa selamat, perjalanan juga lebih aman. Rencana ini ada enam tempat dan sekarang sudah berjalan empat wilayah. Semoga besok bisa segera tersalurkan seluruhnya,” ujar Handoko.

Warga merasa senang dengan bantuan air bersih yang diberikan IDAMAN ini. Totok, misalnya. Warga Desa Wates tersebut berterima kasih atas penyaluran air bersih yang diberikan komunitas sopir ambulan di Kabupaten Grobogan tersebut.

“Terima kasih kepada IDAMAN yang sudah memperhatikan kami, warga Desa Wates yang memang sudah lama terdampak krisis air bersih. Bantuan ini secara langsung dapat meringankan beban kami yang kesulitan air bersih. Selain itu, kami juga berterima kasih diberikan sosialisasi tentang seluk beluk ambulan. Harapan kami, semoga IDAMAN selalu diperlancar kegiatannya. Semua anggotanya juga diberikan keselamatan dalam bekerja,” ungkap Totok.

suarabaru.id/Hana Eswe.