blank
Bupati memotong pita bunga sebagai tanda diresmikannya Gedung Satpas SIM Polres Grobogan. (Foto: Hana Eswe).

GROBOGAN – Suasana semarak terlihat di halaman kantor Satpas SIM Polres Grobogan yang bertempat di Jalan Bhayangkara, Purwodadi. Di gedung tersebut, sebuah panggung berdiri dengan dominasi kain berwarna merah putih. Hal ini berkaitan dengan peresmian empat gedung dan satu masjid yang baru saja selesai pembangunannya.

Keempat gedung tersebut yakni Gedung Satpas SIM Prototipe, Rusun Parama Satwika, Barak Bujang Parama Satwika, Barak Dalmas Parama Satwika serta satu unitMasjid Baitul Atiq.

Gedung Satpas SIM Prototipe ini dibangun di lahan milik Polres Grobogan di Jalan Bhayangkara Purwodadi. Sebelumnya, di lahan tersebut berdiri asrama Polres Grobogan yang tidak layak huni.

Di atas lahan seluas 2.771,05 M2 itu, dibangun dua gedung dan satu masjid. Gedung Satpas SIM Prototipe ini dibangun dengan menggunakan dana APBN TA 2018 senilai Rp 11.304.318.000 dengan jangka pembangunan 202 hari dari tanggal 23 Mei 2018 dan berakhir pada 10 Desember 2018.

Satu bangunan gedung lainnya yang juga dibangun di lahan tersebut yakni Rusunawa Parama Satwika Polres Grobogan.

Pembangunannya dimulai pada 21 Mei 2018 dengan anggaran APBN sebesar Rp 9.404.140.000. Konstruksi banguanan Rusunawa ini terdiri dari 3 lantai dengan kamar hunian 56 unit dengan ukuran 30 M2 dan satu unit gudang.

Sementara Masjid Baitul Atiq dibangun satu kompleks dengan kedua bangunan tersebut. Kapolres Grobogan AKBP Choiron El Atiq mengatakan, adanya Masjid Baitul Atiq ini diharapkan dapat memberi rasa nyaman bagi para jamaah yang hendak beribadah.

Hadir dalam peresmian tersebut, Bupati Grobogan Sri Sumarni beserta jajaran Forkopimda Kabupaten Grobogan, para personel Polres Grobogan serta tamu undangan lainnya. Dalam kesempatan itu, Kapolres mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Grobogan yang telah mendukung pelaksanaan pembangunan gedung Satpas, Rusun dan Barak Bujang Parama Satwika ini.

“Secara khusus, saya juga mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada Bupati Grobogan Sri Sumarni yang telah memberikan hibah bangunan barak Dalmas Parama Satwika kepada Polres Grobogan,” ujar AKBP Choiron El Atiq.

Selain tiga gedung tersebut, dua gedung lainnya yakni gedung Barak Dalmas Parama Satwika yang merupakan hibah dari Pemkab Grobogan dibangun di halaman belakang Mapolres Grobogan.

blank
Kapolres Grobogan AKBP Choiron El Atiq melakukan penandatanganan prasasti peresmian bangunan baru milik Polres Grobogan. (Foto: Hana Eswe.)

Pemberian hibah tersebut dilakukan Bupati Grobogan Sri Sumarni kepada Kapolres Grobogan AKBP Choiron El Atiq dengan anggaran Rp 1.791.811.000 dan sumber anggaran APBD Kabupaten Grobogan 2018.

Pembangunan Barak Dalmas Parama Satwika ini ditujukan untuk menampung personel dalmas Polres Grobogan yang sewaktu-waktu keberadaannya diperlukan untuk pelaksanaan tugas pengamanan.

Sementara Barak Bujang yang terletak di Polsek Tegowanu ini dibangun untuk tepat tinggal anggota Polsek Tegowanu yang sebagian besar masih muda dan belum berkeluarga.

Pembangunan barak ini menelan biaya Rp 527.197.000 dengan dana yang bersumber dari APBN. Bangunan ini berukuran 116 meter persegi dengan konstruksi satu lantai.

Peresmian seluruh unit bangunan itu secara simbolis ditandai dengan pemotongan rangkaian bunga oleh Bupati Grobogan Sri Sumarni sebagai tanda diresmikannya Gedung Satpas SIM Polres Grobogan juga dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti oleh Kapolres Grobogan AKBP Choiron El Atiq dan Bupati Grobogan Sri Sumarni.

suarabaru.id/Hana Eswe.