blank
Bruno Silva/dok

MAGELANG – Pemain baru Persebaya Surabaya, Diogo Campos, menjadi perhatian utama PSIS Semarang menjelang laga pekan ke-19 Shopee Liga 1 2019 di Stadion dr H Moch Soebroto, Kota Magelang, Jumat (20/9) mulai pukul 15.30 WIB. Pelatih Kepala PSIS Bambang Nurdiansyah (Banur) mengemukakan hal itu dalam pre-match press conference di Magelang, Kamis (19/9). Coach berlisensi Pro AFC ini menilai kekuatan Bajul Ijo akan berubah drastis dengan kehadiran gelandang serang asal Brasil tersebut.

”Saat ini kekuatan Persebaya berbeda. Kedatangan Diogo Campos bakal membuat anak-anak bekerja lebih keras di lapangan. Ada gengsi pada partai ini. Tensinya juga tinggi,” tutur Banur. Namun, kubu Laskar Mahesa Jenar menyayangkan pertandingan penuh gengsi ini digelar tanpa penonton. Pasalnya, kepolisian setempat tak merekomendasikan kehadiran suporter kedua klub di stadion. ”Tanpa penonton jelas merugikan kami. Sebab, suporter bisa meningkatkan motivasi para pemain dan memengaruhi mental lawan. Meski demikian, kami yakin anak-anak siap memaksimalkan laga kandang ini,” jelas pria asal Banjarmasin itu.

Banur berharap Hari Nur Yulianto dan kolega memberikan kemenangan kandang perdana baginya sejak menggantikan Jafri Sastra. Untuk meraih tiga angka sangat dibutuhkan kerja keras semua pemain di lapangan. ”Buat saya, ini pertandingan pertama di kandang. Dengan materi pemain lengkap, insyaallah kami bisa menang,” tandasnya.

Tentang kesiapan striker baru muka lama, Bruno Silva, Banur tak ingin memaksanya bermain. Selain kondisi Bruno tidak 100 persen fit, penyerang berkebangsaan Brasil ini baru melakoni perjalanan jauh. ”Saya akan pantau kondisi Bruno hingga Jumat pagi. Kalau memang memungkinkan, kami akan menurunkannya,” ungkap mantan striker timnas Indonesia ini. Bruno sangat dibutuhkan tim pelatih untuk mendampingi Hari Nur, Septian David Maulana, dan Marini Junior. Sejauh ini produktivitas Mahesa Jenar memang belum meyakinkan.

Di kubu Persebaya, asisten pelatih Bejo Sugiantoro menyatakan skuadnya mengikuti arahan Wolfgang Pikal, tangan kanan pelatih kepala Alfred Riedl. Menurut Bejo, tim pelatih sudah merancang latihan sedemikian rupa dan bakal diwujudkan dalam duel melawan Mahesa Jenar. ”PSIS semakin bagus dengan kedatangan pemain baru, tapi kami ingin mencuri poin,” tegas Bejo. (rr)