blank
H Sarimun SSy ditunjuk DPP PDIP sebagai Ketua DPRD Kebumen 2019-2024. (Foto:Suarabaru.id/Komper Wardopo)

KEBUMEN –  DPC PDIP Kebumen telah mengirimkan surat rekomendasi DPP PDIP tentang Ketua DPRD Kabupaten Kebumen definitif, H Sarimun SSy, ke Sekretariat DPRD Jumat (13/9).  Terkait  hal itu Sarimun menyatakan siap mengemban tugas dan amanah dari partai.

Dihubungi Suarabaru.id di Kantor DPC PDIP Kebumen Jalan HM Sarbini Jumat (13/9) pagi, Sarimun menyatakan tekad akan membawa DPRD Kebumen lebih peka, lebih aspiratif dan makin produktif.”Kami tentu tidak bisa bekerja sendiri dan setelah dilantik akan dilengkapi unsur pimpinan Dewan, pimpinan komisi dan pimpinan fraksi sebagai alat kelengkapan Dewan,”ujar wakil rakyat dari Kecamatan Prembun itu.

Menurut Sarimun, awalnya dirinya tak menyangka akan memperoleh amanah sebagai ketua DPRD. Namun berhubung sudah mengikuti uji kepatutan dan kelayakan dan diputuskan DPP, dirinya harus siap mengemban tugas tersebut. Apalagi DPRD Kebumen saat ini memperoleh 12 kursi di DPRD Kebumen dan berhak menduduki kursi ketua Dewan.

Terkait  posisinya sebagai sekretarsi DPC PDIP Kebumen, Sarimun mengaku tidak ada masalah. Dirinya akan berbagi tugas dengan pengurus partai di struktural.  Apalagi Ketua DPC PDIP Kebumen Saiful Hadi cukup aktif berkoordinasi dan nyaris tidak kenal lelah meski kini juga menjadi anggota DPRD Provinsi Jateng. Dia akan membagi waktu untuk mengurus partai dan memimpin Dewan dengan porsi yang berimbang.

Motor Penggerak

Guna mendukung kinerja dewan agar lebih aspiratif dan produktif, pihaknya kini telah menyelesaikan tata tertib DPRD dan sedang dalam pembahasan. Saat ini alat kelengkapan Dewan juga telah disusun, tinggal satu fraksi yang belum terbentuk yakni FPKB. Sedangkan untuk FPDIP telah berfungsi dengan baik dan semua anggota tergolong paling aktif mengikuti rapat awal pembahasan tata tertib dan pembentukan alat kelengkapan dewan.

“Harapan kami FPDIP akan menjadi motor penggerak dalam semua kinerja di lembaga legislatif DPRD Kebumen. Sejak awal kinerja fraksi sudah terlihat karena teman-teman semua rajin dan proaktif di DPRD,”tandas dia.

Menyinggung prioritas kebijakan Dewan, Sarimun menyatakan, setelah dilantik dirinya akan segera berkonsolidasi dengan segenap anggota Dewan. Prioritas utama yakni ikut menanggulangi kemiskinan di Kabupaten Kebumen. Untuk porsi APBD, pihaknya bertekad akan mengutamakan kepada belanja publik dibanding belanja aparatur.

Sebelumnya Ketua DPC PDIP Kebumen Saiful Hadi menandaskan, dengan telah ada Ketua DPRD Definitif diharapkan Dewan lebih produktif memutuskan peraturan daerah (perda) dan menghasilkan kebijakan yang prorakyat. Saiful juga meminta Fraksi PDIP DPRD Kebumen lebih aspiratif. Utamanya dalam mendengar dan memahami persoalan masyarakat dan memperjuangkan melalui politik anggaran di legislatif.

Suarabaru.id/Komper Wardopo