Bagikan
Sejumlah siswa SMP Negeri 1 Selomerto Wonosobo tengah melakukan cuci tangan bersama sebagai wujud program Gosok Gigi-Potong Kuku-Cuci Tangan-Cuci Telinga (GoGi PoKu-Cuta Cute). (Foto: SuaraBaru.id/Muharno Zarka)

WONOSOBO-Guna mendukung predikat sebagai Sekolah Sehat Nasional (SSN), SMP Negeri 1 Selomerto Wonosobo meluncurkan program Gosok Gigi, Potong Kuku, Cuci Tangan dan Cuci Telinga (GoGi PoKu-CuTa CuTe) di halaman SMP Negeri 1 setempat, Kamis (12/9).

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Selomerto, Ngatiman SPd MM Pd, mengatakan kegiatan ini merupakan program pembiasaan perilaku sehat bagi warga sekolah. Setiap warga sekolah wajib menjaga kebersihan dan kesehatan kuku, gigi, tangan dan telinga.

“Program ini dilaksanakan bagi semua warga sekolah. Baik siswa, guru dan karyawan wajib membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat. Perilaku tersebut bisa mencegah masuknya bibit penyakit ke dalam tubuh. Tubuh yang bersih dijamin sehat,” terangnya.

Program ini dicanangkan bersamaan dengan kegiatan Kamis Sehat. Setiap hari Kamis, semua warga sekolah melakukan sosok gigi, potong kuku, cuci tangan dan membersihkan telinga secara massal. Pembiasaan budaya bersih tersebut dilakukan secara bersama-sama.

“Budaya hidup bersih diharapkan bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, baik di sekolah maupun di rumah. Bahkan tidak hanya bagi warga sekolah tapi dapat ditularkan kepafa warga sekitar di lingkungan masing-masing,” imbuhnya.

Adiwiyata Mandiri

Menurut Ngatiman, selain program GoGi, PoKu, CuTa dan CuTe, SMP Negeri 1 Selomerto juga sudah melaksanakan kegiatan pendukung pendidikan lainnya, seperti peningkatan karakter nasioanalisme melalui upacara bendera yang dilaksanakan tiap hari Senin.

“Sedang kegiatan keagamaan diwujudkan melalui tadarus Al-Qur’an yang dilaksanakan 15 menit pertama sebelum jam pelajaran dimulai tiap hari Selasa sampai Sabtu. Semua siswa muslim diwajibkan mengikuti acara tadarus bersama,” paparnya.

Program literasi, tambahnya, dilaksanakan hari Senin sampai Sabtu, selama 15 menit. Kamis pekan 1 dan 3 dilaksanakan Kamis sehat. Kamis di pekan 2 dan 4 ada Kamis Embun Pagi berupa shalat dhuha berjamaah, baca Asmaul Husna dan kultum.

Di hari Jum’at dilakukan Jum’at bersih dan pengelolaan lingkungan hidup. Setiap Jumat pagi semua warga sekolah melakukan bersih-bersih lingkungan sekolah. Program tersebut telah berjalan dengan baik sehingga lingkungan sekolah tampak sehat dan asri.

SMP Negeri 1 Selomerto yang berada di Desa Plobangan ini pernah juara 3 Sekolah Sehat Nasional (SSN), Sekolah Adiwiyata Nasional (SAN), penerima penghargaan lingkungan dari Unnes Green School Award (GSA) dan menuju Sekolah Adiwiyata Mandiri.

SuaraBaru.id/Muharno Zarka

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here