Bagikan
Cristiano Ronaldo/dok

VILNIUS – Cristiano Ronaldo menegaskan statusnya sebagai pencetak gol paling ulung di dunia. CR7 kini menjadi penjaring gol terbanyak pada kualifikasi Piala Eropa dengan 25 gol. Dia menginspirasi tim nasional (timnas) Portugal ketika memukul tuan rumah Lithuania 5-1 dalam lanjutan kualifikasi Euro 2020 Grup B di Stadion LFF Vilnius, Rabu (11/9) dini hari WIB.

Bintang Juventus itu empat kali membobol gawang Lithuania yang dikawal Ernestas Setkus. Satu gol lain Seleccao disarangkan William Carvalho. Gol tunggal pasukan tuan rumah diceploskan Vytautas Andriukevicius. Dari empat partai di kualifikasi, Ronaldo dan kolega mengoleksi delapan poin. Puncak klasemen masih dikuasai Ukraina yang mengumpulkan 13 poin dari lima pertandingan.

Pelatih Portugal Fernando Santos menyatakan empat gol CR7 itu membuktikan dia sebagai pemain terbaik di dunia. Sang tactician benar-benar sangat puas dengan kinerja mantan penyerang Real Madrid dan Manchester United ini. “Tidak ada stadion di dunia ini yang tak memberi sambutan hangat untuk Ronaldo,” ungkap Santos. “Menjadi hal yang aneh ketika dia tidak mencetak gol. Saya pikir dia tak akan pernah berhenti membobol gawang lawan,” tandasnya.

Ronaldo (34) masih bersemangat dan selalu penuh energi. Setiap turun ke lapangan, ambisinya untuk mencetak gol tetap tinggi. Dia membuka pesta gol dengan eksekusi penalti. Sepakannya tanpa ampun memperdaya Setkus. Hukuman penalti diberikan selepas handsball yang dilakukan Saulius Mikoliunas. Andriukevicius membuat kejutan dengan menyamakan skor yang bertahan hingga turun minum. Pada babak kedua Ronaldo ”mengamuk” dengan mencetak tiga gol yang dilengkapi gol Carvalho.

”Dengan performa tim sekarang, saya yakin para pemain memiliki kemampuan untuk finis pada posisi pertama,” jelas Santos. Pada laga berikut Portugal akan meladeni Luksemburg, 12 Oktober mendatang. Tiga hari berselang, juara Eropa ini ditantang Ukraina. (rr)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here