Bagikan
Bripka Suhanto, anggota Bhabinkamtibmas Polsek Grobogan mengajak warga binaannya ngopi bareng saat kegiatan sambang yang kerap dilakukannya di malam hari. Foto: Hana Eswe.

GROBOGAN – Beragam inovasi dilakukan Bhabinkamtibmas di lingkungan Polres Grobogan untuk mendekatkan dan mengakrabkan diri dengan masyarakat di daerah binaannya masing-masing. Seperti yang dilakukan Bripka Suhanto, anggota Bhabinkamtibmas Polsek Grobogan.

Bripka Suhanto saat menyambangi warga di daerah binaannya ini dengan membawa bekal berupa termos berisi wedang kopi dan gelas plastik. Kopi yang diraciknya itu sengaja dibawa sebagai simbol keakraban. Bersama dengan anggota Babinsa dari Koramil Grobogan, keduanya menyambangi masyarakat dengan mengajak mereka ngopi bareng.

Kegiatan sambang masyarakat dengan agenda ngopi bareng ini dilakukan pada malam hari. Para warga yang tengah melakukan ronda di pos kamling menjadi sasaran Bripka Suhanto untuk dapat ngopi bareng bersama mereka.

“Kami terus berupaya hadir di tengah masyarakat. Selain lebih mendekatkan diri, meski hanya sederhana yakni dengan ngopi bersama ini menjadi sarana menyampaikan imbauan Kamtibmas dan berbagai macam program lainnya kepada masyarakat,” ujar Bripka Suhanto.

Dijelaskan Suhanto, tugas sebagai Bhabinkamtibmas ini dituntut untuk berinovasi. Maka, pihaknya melakukan terobosan kreatif yang sejalan dengan program Polisi Sahabat Masyarakat atau Polmas. Tujuannya, lebih untuk mengakrabkan diri agar tidak ada jarak antara polisi dengan masyarakatnya.

“Minum kopi bersama warga sangat bermanfaan dan lebih tpat sebagai bentuk sasaran dalam menyampaikan pesan Kamtibmas serta mengajak mereka untuk bisa jadi polisi bagi dirinya dan di lingkungannya masing-masing. Dengan suasana ngopi ini, warga bisa santai dan tidak perlu tegang saat menyampaikan kritik dan saran demi kemajuan kinerja polisi maupun kamtibmas di lingkungannya,” tambah Suhanto.

Ke depan, pihaknya berharap dengan adanya segelas kopi ini menjadi media komunikasi antara polisi dan warga ini tetap terjaga baik. Tak hanya itu, hal ini juga berdampak pada terciptanya kedamaian dan keamanan yang kondusif.

suarabaru.id/Hana Eswe.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here