Haornas 2019 Ajak Berolahraga Dimana Saja
(ist./eka)

WONOSOBO – Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2019 tingkat Provinsi Jawa Tengah dipusatkan di Wonosobo. Acaranya sendiri dilaksanakan selama dua hari, mulai dari Minggu (8/9/2019) malam dengan acara gala dinner dengan Pemkab Wonosobo beserta seluruh pelaku dunia olahraga, dan dilanjut dengan upacara bendera pada Senin (9/9/2019) pagi.

Haornas 2019 kali ini mengangkat tema “Ayo Olahraga Dimana saja Kapan saja”, sebuah tema yang menggugah semangat bagi olahragawan untuk menjaga prestasi dan mendorong masyarakat untuk berolahraga dimana saja dan kapan saja.

“Tema ini mengandung makna bahwa olahraga itu mudah karena dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Menjadi penting agar masyarakat tidak terpaku bahwa olahraga hanya dapat dilakukan di fasilitas olahraga yang tersedia,” jelas Wagub Taj Yasin saat membacakan amanat Menpora Imam Nahrawi saat menjadi inspektur upacara.

Haornas 2019 Ajak Berolahraga Dimana Saja
(ist./eka)

Olahraga harus menjadi kebutuhan hidup dan gaya hidup, lanjutnya. Permasalahan terbesar saat ini adalah derajat kebugaran masyarakat Indonesia yang masih rendah. Maka Gerakan Ayo Olahraga diharapkan menjawab masalah tersebut.

Dengan kesegaran jasmani yang bagus, dengan kesehatan yang bagus, terutama adik-adik pelajar kita, maka memudahkan lahirnya bibit-bibit yang berpotensi menuju pentas nasional dan dunia di masa selanjutnya,” harapnya.

Upaya ini sejalan dengan pesan Presiden RI Joko Widodo di mana perlu pengintegrasian olahraga dengan sistem pendidikan nasional serta perlu menumbuhkan minat masyarakat Indonesia dalam bidang olahraga. Sehingga, dapat tumbuh menjadi bagian dari budaya dan kepribadian bangsa.

Kadisporapar Provinsi Jateng Sinoeng N Rachmadi mengatakan, olahraga saat ini bukan hanya sekedar sebuah hobby atau prestasi saja namun ajang kebersamaan, keguyuban dan kegotongroyongan. Sebagai sebuah aktifitas, maka olahraga harus menjadi pola kebutuhan hidup masyarakat yakni pola hidup sehat.

Haornas 2019 Ajak Berolahraga Dimana Saja
(ist./eka)

“Oleh karena itu melalui peringatan Haornas 2019 Provinsi Jateng yang kali ini dipusatkan di Kabupaten Wonosobo, warga masyarakat didorong untuk merawat perilaku hidup sehat melalui olahraga dan menjaga aktifitas olahraga sebagai kebutuhan hidup,” katanya.

Dalam peringatan Haornas 2019, Pemprov Jateng terus mendukung dan mendorong prestasi atlet. Di antaranya melalui penyelenggaraan event olahraga prestasi berjenjang, selain itu menyertakan atlet muda dalam event nasional dan internasional, memberi bea siswa untuk atlet berprestasi, dan membangun secara berkelanjutan karakter atlet yang kuat dan pantang menyerah.

“Kami juga berupaya menyediakan fasilitas sarana prasana olahraga secara bertahap dan berkelanjutan. Selain itu juga membangun kerjasama peningkatan prestasi atlet melalui kepersertaan pendidikan pelatih maupun mendatangkan pelatih berskala standar Internasional,” pungkas Sinoeng. (suarabaru.id)