blank
Petugas pemadam kebakaran dibantu warga saat memadamkan api yang membakar lahan pohon jati di Desa Ledokdawan, Senin (9/9) malam kemarin. Foto: Hana Eswe/ist.

GROBOGAN – Seorang yang diduga sedang mengalami depresi diperkirakan menjadi pelaku pembakaran sampah areal pohon jati yang mengakibatkan kebakaran lahan. Insiden ini terjadi di areal lahan bandha desa,  lahan kebun jati dekat surau di Desa Ledokdawan, tepatnya di Dusun Gundik, Desa Ledokdawan, Kecamatan Geyer, Senin (9/9) malam.

Kronologi kejadian ini bermula saat pelaku yang bernama Rustoyo (40), warga Desa Ngrandah, Kecamatan Toroh, membakar sampah. Api tersebut merembet hingga ke lahan pohon jati yang daunnya kering. Melihat adanya kobakaran api tersebut, warga berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya.

Peristiwa ini dilaporkan ke Pemadam Kebakaran Pemkab Grobogan. Sebanyak dua unit mobil pemadam kebakaan dikerahkan untuk melakukan pemadaman api. Selang beberapa jam kemudian, tepatnya pukul 19.41 WIB, api baru dapat dipadamkan.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Sementara itu, Kapolsek Geyer AKP Sugiyanto saat dikonfirmasi suarabaru.id membenarkan kejadian tersebut. Menurutnya, insiden ini memang dilakukan pelaku yang sudah lama menderita stres.

“Dari keterangan dari perangkat desa serta warga sekitar di Desa Ledokdawan, pelaku memang menderita depresi yang sering kambuh. Usai kejadian, pelaku diserahkan kembali ke pihak keluarga,” ujar Sugiyanto.]Sementara itu, pihak keluarga menjelaskan pelaku sementara berada di desa tersebut untuk menjalani rehabilitasi jiwa secara agama.

suarabaru.id/Hana Eswe.