blank
Tim Pramuka SMP Negeri 2 Temanggung saat akan pentas kesenian “Wulan Gatho” pada kemah budaya nasional di Bumi Perkemahan Minang Fantasi, Padang Panjang, Sumatera Barat, 26-30 Agustus  lalu. Foto: Istimewa.

TEMANGGUNG- Regu  Pramuka SMP Negeri 2 Temanggung yang mewakili Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah   meraih  juara pertama   pada kemah budaya nasional di Padang Panjang, Sumatera Barat, 26-30 Agustus lalu.

“Kami cukup bangga atas prestasi yang diraih pada kemah budaya nasional yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan Minang Fantasi,Padang Panjang. Karena dari berbagai materi lomba yang diikuti   mendapat nilai  paling tinggi  dan mampu mengungguli kontingen dari daerah lain,” kata Pembina Pramuka SMP Negeri  2 Temanggung, Arie Wahyuningsih, Jumat (6/9).

BACA JUGA : Tahun 2021 Kampung Tidar Campur Destinasi Wisata Berbasis Tekonologi

Arie mengatakan, atas prestasi tersebut tim pramuka SMP Negeri 2 Temanggung yang 16 siswa terdiri  atas satu regu putra dan satu regu putri serta didampingi  dua orang Pembina tersebut mendapat hadiah trofi, sertifikat piagam penghargaan dan sejumlah uang pembinaan .

Menurutnya, dalam kegiatan tersebut tim Pramuka SMP Negeri 2 Temanggung tersebut mengikuti seluruh materi kegiatan yang dilombakan ,yaitu tutur sejarah, pemandu wisata sejarah,  festival kuliner, seni kriya,  karnaval  dan pentas seni.

Arie menambahkan,  pada  materi kegiatan tutur sejarah, tim Pramuka SMP Negeri 2 Temanggung  mengetengahkan tentang  sejarah  perjuangan  pahlawan Bambang Soegeng dan sejarah kepahlawanan KH Subchi dari  Parakan  yang terkenal  dengan  senjata bambu runcingnya .

BACA JUGA : Kantin Sekolah dan Rumah Dapur Terbakar

“Sedangkan pada materi pemandu wisata, para siswa  menceritakan tentang Situs Liyangan dan sumber air  Jumprit yang ada di Kecamatan Ngadirejo. Sedangkan, untuk materi kuliner menyajikan  kuliner khas Temanggung yakni  nasi jagung, empis-empis, klumban ( urap) yang dilengkapi dengan ikan  gereh layur,” ujarnya.

Sementara untuk materi seni kriya menampilkan  video blog ( vlog )  tentang wisata unggulan di kabupaten Temanggung  dan untuk karnaval  menyuguhkan  kesenian tradisional jaran kepang.

Selain itu, tim juga mementaskan kesenian “Wulan Gatho” yang merupakanperpaduan antara kesenian Wulan Sunu dan Gatholoco

BACA JUGA : Ingin Dapat Mobil, Nabung di Bank Jateng

Ia menjelaskan, keberhasilan para siswanya pada ajang pramuka tingkat nasional itu  merupakan buah manis dari hasil kerja keras  setelah  ditempa dalam latihan  intensif  selama dua bulan dibawah  asuhan para pembina .

“Dilandasi semangat Dasa Dharma, anak-anak  tidak kenal  lelah dalam mengikuti  latihan  yang akhirnya perjuangan mereka membuahkan prestasi  di tingkat nasional,” katanya.

Suarabaru.Id/ Yon