Bagikan
Dekan Fakultas Hukum Unissula Prof. Dr. Gunarto, SH.MH saat memimpin kegitan Fakultair 2019, bersama jajaran dosen dan mahasiswa FH Unissula Semarang.

Berlandaskan Nilai-nilai Islam,

FH Unissula Menapaki Akreditasi Internasional 

Oleh:

Ira Alia Maerani

 

FAKULTAS Hukum Universitas Islam Sultan Agung (FH Unissula) Semarang yang telah memiliki Akreditasi A untuk seluruh program studi (prodi) bertekad untuk menapaki akreditasi Internasional. Dengan izin Allah SAW, seluruh program studi di FH Unissula (program Sarjana, program Magister Hukum, program Magister Kenotariatan, program Doktor Hukum) telah memiliki Akreditasi A di tahun 2019 ini.    Pengajuan akreditasi internasional di Acreditation Service for International Schools, Colleges and Universities (ASIC). Sementara visitasi asesor ASIC direncanakan pada Oktober 2019 mendatang.

Tekad tersebut diawali dari visi Fakultas Hukum Universitas  Islam Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA) untuk  menjadi program studi dengan reputasi nasional dan ASIA dalam membangun generasi khairo ummah yang beradab, adil, sejahtera dengan dijiwai nilai-nilai Islam menuju masyarakat sejahtera yang dirahmati Allah SWT.

Nilai-nilai Islam sebagai landasan juang ini bersumber dari Al-Qur’an, hadits, ijma’, ijtihad, fiqih para ulama. Guna membangun generasi khaira ummah. “Generasi terbaik yang memiliki sifat mengamalkan ilmu hukum untuk kepentingan kemanusiaan, keadilan dan kesejahteraan masyarakat dengan senantiasa beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, menjalankan perintah-Nya dan meninggalkan larangan Allah SWT,”kata Dekan Fakultas Hukum Unissula. Prof. Dr. H. Gunarto, S.H., S.E.Akt., M.Hum., dihadapan ratusan peserta Fakultair mahasiswa baru FH Unissula, Kamis, 5/9/2019.

FH Unissula bertekad membangun generasi khaira ummah yang beradab artinya lulusan Fakultas Hukum UNISSULA memiliki value, ketrampilan, dan pengetahuan paling mutakhir serta memiliki perilaku sopan santun atas dasar kemanusiaan yang adil dan beradab.

Adil adalah lulusan Fakultas Hukum UNISSULA mampu menerapkan hukum untuk menghasilkan keadilan substantif bukan keadilan prosedural.

Sejahtera adalah lulusan Fakultas Hukum UNISSULA mampu mengamalkan ilmu hukum termutakhir dan menyelenggarakan penelitian guna mewujudkan kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia.

Dalam kesempatan fakultair tersebut juga disampaikan beberapa prestasi mahasiswa FH UNISSULA. Seperti Gita Novriana Amran sebagai penerima hibah Program Kreatifitas Mahasiswa-Pengabdian Masyarakat (PKM-PM) dari Kemenristekdikti pada tahun 2017/2018.  PKM-PM dengan judul,”Law Ambassador Training Bagi Narapidana Lembaga Pemasyarakat Perempuan  Kelas IIA Semarang” dibimbing oleh dosen Dr. Ira Alia Maerani, S.H., M.H.  Namun karena Gita Novriana Amran lulus dan diwisuda pada April 2018 sebagai wisudawan terbaik, maka kelanjutan program hibah dilanjutkan oleh anggota kelompoknya yakni Andari Ayu Hutama Putri, Irda Nur Khumairoh, dan Binti Faridzatul Muflikah.

Demi Putri Lilyandi  berhasil meraih juara III nasional kompetisi legal opinion yang dilaksanakan di Fakultas Hukum Universitas Surabaya pada tahun 2018.  Erdito Wirajati bersama Tim paduan suara Fakultas Hukum (FH)  Unissula “Symphony Voice” berhasil meraih medali perak kategori lagu rakyat  pada festival paduan suara Gita Buana Soedirman yang berlangsung di 6-9 Oktober 2018 di kampus Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto.

Elzany Rifanda Rizky berhasil meraih juara III dalam kompetisi legal opinion tingkat nasional di Universitas Surabaya pada tahun 2017. Riski Seno Adireja mengikuti kompetensi the chosen delegate for the International Leaders Model United Nations 2018 di Bangkok, Thailand. Ahmad Kustanto juara lomba ilmiah Competeting as Partisipant ASEAN YOUTH CULTURAL EXPOSURE,  15-19 August  2017 di Thailand.

Silvina Andila berhasil meraih juara kedua market research competition yang bertema Comparativestudy: Impact Driven Entrepreneurship Accelerator  yang dilaksanakan di tiga negara yakni Malaysia, Singapura, dan Thailand. Wuri Widyasturti meraih Juara III Under 49 KG Putri (Kelas Pemula) pada kejuaraan Taekwondo Se-Jawa Tengah pada tahun 2018.

Ibarat pepatah mengatakan “tak kenal maka tak sayang” maka pada kesempatan Fakultair Mahasiswa Baru FH Unissula  Tahun 2019, yang diikuti oleh oleh 349 mahasiswa reguler dan 86 mahasiswa eksekutif,  diperkenalkan dengan segenap dosen dan karyawan FH Unissula. (Suarabar.id/ Dr. Ira Alia Maerani, S.H., M.H., dosen Fakultas Hukum Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here