blank
Kapolres Wonogiri AKBP Uri Nartanti Istiwidayati (kiri), menyerahkan tropi kejuaraan dan hadiah uang pembinaan kepada para pimpinan regu peraih juara lomba PKS didampingi oleh personel Polsek.

WONOGIRI – Tidaklah mudah untuk meraih gelar juara pertama dalam sebuah perlombaan. Akan lebih sulit lagi, ketika harus mempertahankan gelar kejuaraan, apalagi sampai tiga kali berturut-turut meraih gelar juara pertama pada event lomba yang sama. Namun tidaklah demikian bagi regu Patroli Keamanan Sekolah (PKS) Kontingen Polsek Jatiroto, Polres Wonogiri.

Pada lomba PKS Tahun 2019, regu PKS yang terdiri sebanyak 21 siswa SMK Negeri 1 Jatiroto, Kabupaten Wonogiri, ini berhasil kembali meraih gelar juara pertama lagi. Regu PKS Paskanssa (Pasukan SMK Negeri Satu) Jatiroto, ini dibina oleh Kapolsek Jatiroto Iptu Unggul. Dengan performance prima, saat tampil di arena lomba PKS tingkat Polres Wonogiri, kemampuannya sulit untuk dikalahkan.

Lomba PKS ini diikuti sebanyak 25 regu yang datang dari semua Polsek se Wonogiri. Tim juri, memberikan nilai tertinggi pada regu PKS Jatiroto, yakni sebanyak 4307. Juara dua diraih Peleton PKS dari Polsek Pracimantoro dengan nilai 4208, dan juara tiga dari Polsek Girimarto dengan nilai 4198. Juara harapan I, II dan III dimenangi oleh peleton PKS dari Polsek Bulukerto,  Polsek Kismantoro dan Polsek Wuryantoro.

Mewakili Kepala Sekolah (Kasek) SMK Negeri 1 Jatiroto, Gunarsi, Wakasek Bidang Kesiswaan, Maryono, berkata: ”Ini merupakan gelar juara pertama untuk ketigakalinya yang berhasil diraih dalam tiga tahun berturut-turut oleh regu PKS Jatiroto.”

Kapolres Wonogiri AKBP Uri Nartanti Istiwidayati dan Kasatlantas Polres AKP Dwi Erna Rustanti, melalui Kasubag Humas Polres Iptu Suwondo, menyatakan, lomba PKS tingkat SLTP dan SLTA ini dilaksanakan dalam rangka ikut memeriahkan HUT Ke 64 Polantas Tahun 2019. Lomba digelar di Alun-alun Giri Krida Bakti depan Kantor Bupati Wonogiri. Upacara pembukaannya dilakukan oleh Wakapolres Wonogiri, Kompol Adi Nugroho. Ikut hadir, Wakil Bupati Wonogiri, Eddy Santosa, bersama jajaran Forkompimda Wonogiri dan para pejabat terkait lainnnya.

Tampil menjadi Inspektur Upacara (Irup) pembukaan lomba PKS, Wakapolres Kompol Adi Nugroho, Komandan Upacara (Danup) dipercayakan kepada Iptu Sugihantoro dan Perwira Upacara (Paup) Kasatlantas AKP Dwi Erna Rustanti. Lomba PKS ini, diikuti sebanyak 875 siswa yang tergabung dalam 25 regu dan masing-masing menjadi kontingen dari semua Polsek se Wonogiri. Untuk penyerahan hadiah kepada juara, dilakukan langsung oleh Kapolres AKBP Uri Nartanti Istiwidayati.

Wakapolres, menyatakan, PKS adalah organisasi yang menjadi salah satu jenis kegiatan ekstrakurikuler, dan menjadi wadah dari partisipasi para pelajar yang berminat dalam bidang lalu-lintas. ”Dengan diadakannya PKS, dapat dibentuk kepribadian pelajar yang disiplin, berkarakter, tanggap, cekatan, berjiwa sosial dan berwawasan pengetahuan yang lebih baik, sehingga tercipta generasi muda yang berbobot dan menjadi SDM untuk menuju Indonesia yang lebih unggul,” tegas Wakapolres.

Dengan PKS, para siswa dapat menjadi mitra Polri dalam menjaga dan mewujudkan Keamanan Keselamatan Ketertiban dan Kelancaran Lalu Lintas (Kamseltibcarlantas) di lingkungan sekolahnya masing-masing. Selain itu, juga dapat untuk mencegah perkelahian antarpelajar, menambah semangat dan dedikasi tinggi bagi siswa, mencegah miras dan narkoba, mencegah curas dan curanmor, serta tidak melakukan pelanggaran lalu lintas.(suarabaru.id/Bambang Pur)