blank
Kapolres Grobogan AKBP Choiron El Atiq saat bersama salah satu pelajar asal Papua yang ikut senam bersama, Selasa (3/9) di Mapolres Grobogan. (Foto: Hana Eswe).

GROBOGAN – Sebanyak 9 pelajar asal Papua diajak mengikuti senam bareng jajaran Polres Grobogan dan Kodim 0717/Purwodadi.

Dengan menggunakan seragam olahraga lengkap disertai aksesoris pakaian daerah dari seluruh wilayah Nusantara ini merupakan atribut yang dipergunakan para peserta senam tersebut.

Suasana riang terlihat dari raut muka para peserta senam tersebut. Tak ada rasa canggung dalam saat melakukan gerakan senam yang dilakukan di halaman Mapolres Grobogan, Selasa (3/9) ini.

Fransisca, misalnya. Pelajar asal Papua yang melanjutkan pendidikan tingkat SMA di Toroh ini mengaku senang dapat berkumpul bersama jajaran Polres Grobogan dan Kodim 0717/Purwodadi melalui kegiatan ini. Menurut Sisca, sapaan akrabnya, ia dan teman-temannya merasa senang mendapat kawan baru melalui acara ini.

“Senang karena dapat berkenalan dengan para anggota kepolisian dan tentara. Kami juga bisa menari tarian sajojo bersama. Kami juga merasa senang berada di Grobogan karena di sini kami disambut dengan baik,” ujar Sisca.

Sisca berharap ke depannya, kondisi daerah asalnya segera pulih dari kerusuhan-kerusuhan yang terjadi sehingga masyarakat di tanah Papua bisa dapat melakukan aktivitasnya sehari-hari dengan rasa nyaman dan aman.

Di sela-sela kegiatan tersebut, Kapolres Grobogan AKBP Choiron El Atiq mengatakan, pihaknya menjamin keberadaan putra-putri Papua yang belajar di Grobogan. Dikatakan juga, aparat kepolisian dan TNI juga menjamin keamanan mereka agar fokus dalam tugasnya sebagai pelajar.

“Kami sampaikan kepada mereka bahwa kami menjamin keamanan mereka selama di Kabupaten Grobogan sehingga mereka fokus belajar. Kami dari TNI-Polri bersatu padu. Tidak pilih-pilih, tidak ada Jawa, Papua, Maluku, atau Sumatera. Tetapi yang ada hanya satu, Indonesia. NKRI bersatu,” ujarnya.

Di kesempatan itu, jajaran Polwan Polres Grobogan juga memberikan bantuan kepada para pelajar Papua ini. Bantuan tersebut diberikan dalam rangka HUT ke 71 Polwan. Paket tas dan alat tulis diberikan para pelajar yang langsung diserahkan oleh Kapolres Grobogan AKBP Choiron El Atiq dan perwakilan Polwan.

suarabaru.id/Hana Eswe.