Bagikan
Siswa asal Papua tampak ceria senam sehat bersama Kapolres AKBP Antonius Anang Tri Kuswindarto, SIK, MH, dan Ketua Bhayangkari, Erica Octarina Anang. (Foto : SB/Wahono)

BLORA – Kegiatan simpatik untuk merajut persaudaraan sesama warga bangsa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia, terus digalang Polres dan Kodim Blora, di antaranya dengan senam bersama pelajar Papua.

Kegiatan senam sehat yang digelar di halaman utama Mapolres setempat, Selasa (3/9/2019), benar-benar tanpa sekat, penuh rasa persaudaraan, mereka saling bercandaria dan bernyanyi ibersama.

Polwan anggota Polres, Bhayangkari, warga Papua, dan pelajar lainnya, tampak akrab, dan saling berangkulan. Wajah-wajah ceria menghiasai para pelajar Papua yang kini belajar (sekolah) di Blora.

Suasana terasa membanggakan, saat secara sepontan salah satu pelajar asal Papua, Silfiana Una, berteriak kencang dan tunjuk jari untuk maju kedepan menyanyikan lagu Indonesia Pusaka dengan penuh semangat.

Lebih membanggakan lagi, semua yang hadir, termasuk pelajar Papua lainnya berdiri tegap seperti koor, mereka bernyanyi bersama lagu Indonesia Pusaka.

Isteri Kapolres Blora, Erica Octarina Anang, mengaku sangat terharu. “Jujur saya terharu, bahkan ingin meneteskan air mata, namun saya tahan,” ungkapnya.

Silfiana Una, pelajar Papua yang kini mengenyam pendidikan di Blora, berdialog dengan Kapolres AKBP Antonius Anang Tri Kuswindarto, SIK, MH, bahwa dia sangat cinta Indonesia. (Foto : SB/Wahono)

Tari Sajojo

Hadir Dalam kegiatan mengharukan tersebut, Kapolres Blora AKBP Antonius Anang, Dandim Letkol (Inf) Ali Mahmudi diwakili Kasdim Mayor (Kav) Hyasintus Waleng, Pju Polres dan Kodim.

Bahkan seluruh Kapolsek dari 16 Polsek, Danramil jajaran Kodim 0721/Blora serta anggota Polres dan anggota Bhayangkari ikut hadir di acara senam sehat bersama,

Kegiatan diawali dengan apel dan dilanjutkan senam bersama. Pemandangan indah nampak ketika TNI, Polri, Persit dan Bhayangkari bergoyang bersama menikmati musik aerobik.

Tidak ada suku Jawa, Papua, Sumatera, Kalimantan, dan suku lainnya, namun yang ada adalah satu yaitu Indonesia. Kegiatan diikuti 400-an peserta berjalan meriah.

Selain senam bersama, dalam kesempatan tersebut, pelajar Papua unjuk gigi dengan menampilkan tari tradisional Sajojo Aster Broken. Penonton pun terpukau dengan indahnya tarian tersebut.

Indonesia adalah negara yang damai dan Papua adalah bagian dari Indonesia.  “Saya ingin sampaikan kepada seluruh masyarakat Papua, mari kita jaga perdamaian, Papua adalah Indonesia,” ungkap Selfiana.

Kapolres Blora AKBP Antonius Anang, menyatakan Polres bersama TNI di Blora, menjamin keamanan warga Papua yang ada di Kabupaten Blora.

“Kami jamin keamanan warga Papua di Blora, terutama para pelajar, silahkan fokus pada pelajaran.” Ujar Kapolres.

Data sementara, jumlah pelajar Papua yang sedang melaksanakan sekolah di Kabupaten Blora berjumlah 48 orang, mereka belajar di Kecamatan Kota Blora dan Kecamatan Cepu.

Sebelumnya, langkah simpatik untuk mencegah isu SARA agar tidak berkembang di daerah, dilakukan Polres dengan menggelar pertemuan pelajar, dan warga asal Papua yang saat ini berada di Blora.

Caranya, Polres melalui Polsek Kota Blora menggelar pertemuan penuh keakraban dengan pelajar Papua, dan warga dari kawasan timur Indonesia agar tetap merasa adem dan nyaman di Blora.

“Kalian saudara kami, kita ini merah putih, ayo kita jaga NKRI,” tandas Kapolres AKBP Antonius Anang melaluiKapolsek Kota Blora AKP Agus Budiana, dijawab kompak siap dan NKRI harga mati oleh para pelajar Papua.

Suarabaru.id/Wahono

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here