blank
Poster Teman Korea (TeKo) Keliling Pulau Jawa Naik Bus

SEMARANG– Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia, Kim Chang-beom beserta beberapa delegasi akan melakukan perjalanan darat sekitar 1.000 km dari Jakarta ke Surabaya dengan menggunakan Bus Tur Budaya Korea, selama enam hari pada Senin-Sabtu (2-7/9) mendatang.

Menurut Mr Chun, selaku Direktur Korean Cultural Center Indonesia ini menyebutkan, kegiatan ini merupakan kerja sama antara Pemerintah Indonesia, Kedutaan Besar Republik Korea Selatan dan dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). Kegiatan safari diplomatik ini kemudian diberi nama, Teman Korea (TeKo) Keliling Pulau Jawa Naik Bus.

Seperti yang disampaikan Mr Chun dalam rilisnya kepada suarabaru,id, Sabtu (31/8) menyatakan, Kota Cirebon (Jabar), akan menjadi kota pertama yang dikunjungi para delegasi negara sahabat ini. Selain itu, Tur Teko juga akan mendatangi Kota Brebes, Solo dan Surabaya. Tur ini dilakukan sebagai bentuk diplomasi publik. Berbagai kegiatan bertemakan Korea dapat ditemukan dalam acara ini.

”Kegiatan kami juga didukung Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), untuk memeriahkan acara Teko Nang Jawa, sebuah proyek diplomasi publik, dengan melakukan perjalanan darat, sekitar 1.000 km dari Jakarta sampai Surabaya dengan menggunakan bus tur untuk mempromosikan kebudayaan Korea. Dalam rangka memeriahkan proyek ini, serangkaian acara kebudayaan Korea akan digelar di lima kota, Jakarta, Cirebon, Brebes, Solo, dan Surabaya,” kata Mr Chun dalam rilisnya.

blank
Poster Teman Korea (TeKo) Keliling Pulau Jawa Naik Bus

Youtuber
Ditambahkan dia, proyek ini diluncurkan Kedutaan Besar Republik Korea, menjelang periode kedua Pemerintahan Presiden RI Joko Widodo, dan perhelatan KTT Peringatan ke-30 Tahun Kerja Sama Korea-ASEAN, pada November mendatang.

Delegasi TeKo akan menginjakkan kakinya di Pulau Jawa, yang merupakan pulau dengan populasi lebih dari 50 persen dari jumlah penduduk Indonesia, yakni 140 juta jiwa, dengan tujuan agar semakin banyak masyarakat Indonesia dapat mengenali dan menggemari budaya Korea.

”Melalui proyek ini, Kedutaan Besar Republik Korea berharap dapat mengimplentasikan gagasannya, yakni menelusuri seluruh penjuru daerah di Indonesia, dengan dipimpin Duta Besar Kim Chang-beom. Kedutaan Besar Republik Korea juga akan memperluas kerja sama antarmasyarakat, dan mempererat hubungan kerja sama kedua negara, khususnya dengan kota-kota besar di Pulau Jawa,” imbuh dia.

Seorang Youtuber asal Korea yang fasih berbahasa Jawa, Jang Hansol (Korea Reomit), juga dilibatkan di dalam proyek TeKo Nang Jawa. Hansol akan merekam V-log-nya selama perjalanan ini, sehingga dapat menarik lebih banyak perhatian dari berbagai lapisan masyarakat, termasuk generasi milenialnya.

suarabaru.id/Riyan