blank
Virgil van Dijk/dok

MONAKO – Virgil van Dijk kini masuk dalam jajaran bek terbaik dunia. Itu setelah center back Liverpool itu dinobatkan sebagai pemain terbaik Uni Sepak Bola Eropa (UEFA) musim 2018-2019 pada acara penganugerahan UEFA Award di Grimaldi Forum, Monako, Jumat (30/8) dini hari WIB. Gelar ini terasa spesial karena Van Dijk mengungguli Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo yang juga tak kalah hebatnya musim ini. Di samping menjadi pemain terbaik, Van Dijk juga menyabet bek terbaik. Kiper terbaik untuk Alisson Becker (Liverpool), sedangkan gelandang terbaik diraih Frenkie de Jong yang musim lalu membela Ajax Amsterdam dan sekarang berkostum Barcelona. Sementara penyerang terbaik direbut Messi.

Van Dijk (28) menyempurnakan trofi pribadi lain yang didapat di kompetisi lokal, yakni pemain terbaik Liga Inggris versi PFA dan juga otoritas liga. Atas sukses itu, Manajer Liverpool Juergen Klopp sangata bangga dengan perkembangan pesat Van Dijk. Bagi pelatih asal Jerman ini, gelar itu sebagai hadiah balasan untuk The Reds yang membuat Van Dijk hebat seperti sekarang.

Kenapa Klopp begitu puas, karena seorang bek sangat jarang mendapatkan award itu. Sekarang dia tanpa ragu menyebut Virg (panggilan akrab Van Dijk) sebagai bek terbaik dunia saat ini. Musim lalu Liverpool menjuarai Liga Champions, dan Van Dijk membantu tim meraih enam clean sheet, terbanyak di antara tim lain. Van Dijk kini berpeluang meraih Ballon d’Or, piala emas untuk pemain terbaik dunia. (rr)