blank
Ria Sulistiyono, Juara 1 Pembina Siaga Berprestasi Jawa Tengah sedang menerima piala dari Kamabida Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. foto: dok Ria

WONOGIRI-Pembina Pramuka Siaga Wonogiri, Ria Sulistiyono, berhasil meraih Juara 1 dalam Pemilihan Pembina dan Kamabigus Berprestasi tingkat Kwartir Daerah Jawa Tengah. Prestasi ini menjadi prestasi tertinggi yang pernah diraih Pembina Pramuka di Kabupaten Wonogiri.

‘’Pemilihan tersebut dilakukan di Puskepram Candra Birawa, Semarang pada tanggal 23 – 25 Agustus 2019. Piala diserahkan oleh Gubernur Jateng pada upacara pembukaan Jambore Daerah ke 15 di bumi perkemahan Mustika Kabupaten Blora, Selasa 27 Agustus 2019,’’ kata Eko Siswanto, Sekretaris Ikatan Guru Indonesia (IGI) Wonogiri yang juga  Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Kamabigus) SD Negeri 1 Temboro, Karang Tengah, Kamis (29/8).

Eko menuturkan, saat acara pemilihan, Kak Kartono, Wakil Ketua Kwarda Jawa Tengah menjelaskan bahwa pembina Gugusdepan dan Kamabigus mempunyai  peran yang sangat besar dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan kepramukaan di sekolah.

Kamabigus berperan dalam mengembangkan suasana sekolah yang nyaman dan kondusif bagi proses pembelajaran melalui tugas manajerial, supervisi pendidik dan tenaga kependidikan, dan pengembangan kewirausahaan. Hal tersebut merupakan kebutuhan utama suatu sekolah untuk meraih prestasi dalam rangka menghasilkan sumber daya manusia unggul dan berdaya saing.

“Pemilihan Pembina Gudep dan Kamabigus Berprestasi  dilaksanakan secara selektif, ketat, transparan, dan akuntabel, sehingga diharapkan memberikan rasa bangga dan memotivasi kamabigus untuk menciptakan sekolah yang efektif, yaitu sekolah yang mampu meningkatkan kreativitas guru dalam proses pembelajaran dan memotivasi peserta didik untuk berprestasi di berbagai bidang”, kata Eko mengutip sambutan Kak Kartono.

Penyerahan piala Juara 1 Pembina Siaga Berprestasi tersebut dilaksanakan di Bumi Perkemahan Mustika, Blora oleh Kamabida Jawa Tengah, Kak Ganjar Pranowo pada tanggal 27 Agustus 2019. Dalam amanatnya, Kak Ganjar berpesan kepada seluruh peserta upacara untuk menghindari hoax dan selalu menciptakan berbagai inovasi dalam rangka menghadapi perkembangan zaman.

Keberhasilan Ria Sulistiyono (Wakil Ketua IGI Wonogiri) tak lepas dari prestasi yang diraih peserta didik Pramuka di pangkalannya, SD Negeri 2 Jatiroto. Dalam kurun waktu sepuluh tahun, mereka selalu menjadi yang terbaik dalam Pesta Siaga Kwarran Jatiroto.

Pramuka Siaga SD Negeri 2 Jatiroto juga sering menjadi yang terbaik di Wonogiri, bahkan sudah pernah dua kali mengikuti kegiatan sejenis di tingkat Kwarda Jawa Tengah.

Pembina Pramuka Siaga yang akrab dipanggil Kak Ria ini menjadi yang terbaik setelah berhasil mengumpulkan nilai tertinggi melalui tahapan penilaian portofolio, tes tertulis dan unjuk kerja, presentasi best practice, dan wawancara. (Suarabaru.id/edi)