blank
Maurizio Sarri/dok

ROMA – Seri A Liga Italia lebih heboh pada musim 2019-2020. Rekor baru tercipta pada pekan perdana. Jumlah penonton yang datang langsung ke stadion mengalami lonjakan. Pada pekan pertama rata-rata jumlah penonton per pertandingan mencapai 26.000. Ini adalah sebuah rekor baru sejak kompetisi teratas di Negeri Spaghetti ini diikuti 20 klub sejak musim 2004-2005.

Jumlah penonton terbanyak adalah di San Siro saat Inter Milan menang besar 4-0 atas Lecce. Tercatat 64.188 penonton yang datang langsung. Posisi kedua ada Stadion Olimpico dengan 38.779 penonton. Tuan rumah AS Roma mendapat perlawanan sengit dan dipaksa Genoa bermain imbang 3-3. Dengan jumlah 33.614 penonton, Artemio Franchi menduduki urutan ketiga. Sayang, tuan rumah Fiorentina harus mengakui keunggulan Napoli dengan skor 3-4.

Peningkatan jumlah penonton ini diyakini terjadi karena kedatangan banyak nama besar baru di Serie A termasuk pergantian sejumlah pelatih. Dari enam klub yang finis teratas musim lalu, empat di antaranya berganti allenatore. Juara bertahan Juventus kini ditangani Maurizio Sarri. Sarri musim lalu menukangi Chelsea dan sukses meraih trofi Liga Europa.

Sementara itu, kondisi Sarri mulai membaik dari serangan pneumonia (radang paru-paru). Pria 60 tahun itu berharap bisa mendampingi Juventus saat meladeni mantan klubnya, Napoli. Sarri tak bisa mendampingi Bianconeri ketika mengatasi Parma pada pekan pertama. Tugasnya kala itu diambil alih asistennya, Giovanni Martusciello.

Selepas kondisinya membaik, pelatih yang perokok berat ini sangat ingin berada di bangku cadangan. Pada Senin (26/8), Sarri sudah berada di Continassa untuk bertemu dengan tim dan terlibat banyak diskusi dengan staf pelatih. Dalam kesempatan itu, dia tak lupa menyapa fans di luar gerbang. Mantan pelatih Napoli itu juga meladeni permintaan tanda tangan. (rr)