Kemenlu RI Gelar Semarak Diplofest 2019 di Semarang
Direktur Informasi dan Media Kemenlu RI Listiana Operananta didampingi Direktur Diplomasi Publik Kemenlu RI dan Assisten Pemerintahan Pemprov Jateng Heru Setiadi menggelar preskon Diplofest 2019, Rabu (28/8/2019). (hery priyono)

SEMARANG – Diplomacy Festival atau Diplofest yang diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri RI (Kemenlu RI), akan digelar di Kota Semarang selama dua hari, Kamis – Jumat (29-30/8/2019).

Kegiatan ini dilaksanakan bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Kota Semarang untuk dapat menginspirasi generasi muda Semarang khususnya mahasiswa dan pelajar untuk menjadi bagian dari Diplomasi Indonesia.

Baca Juga: Menpora Siapkan Bonus Besar untuk para Juara

“Karena Diplomasi Indonesia adalah milik bersama, sesuai hashtag #IniDiplomasi. Sebelumnya, Diplofest telah diselenggarakan di Yogyakarta, Surabaya, Bandung, Padang dan Makassar. Lebih dari 40.000 mahasiswa dan pelajar telah mengenal #IniDiplomasi melalui simulasi sidang internasional,” kata Direktur Informasi dan Media Kemenlu Listiana Operananta.

Saat digelar pers conference di Kantor Gubernur Jawa Tengah, Rabu (28/8/2019), Listiana menjelaskan kegiatan ini juga untuk memahami tugas-tugas diplomat dan kerja politik luar negeri RI termasuk berbagai informasi yang dibagikan sehubungan kesempatan meraih beasiswa dalam dan luar negeri.

Rangkaian kegiatan Diplofest akan dimulai pada Kamis, 29 Agustus dengan kuliah umum di enam universitas di Semarang, yaitu Unwahas, Unika Soegijapranata, Unnes, Unissula, Unimus, dan UKSW Salatiga.

Adapun narasumber yang akan hadir di masing-masing universitas merupakan pelaku diplomasi luar negeri yang terdiri dari pejabat Kementerian Luar Negeri yang pernah juga menjabat sebagai Kepala Perwakilan Rl di luar negeri.

Baca Juga: Pembuang Bayi di Teras Rumah Warga Tumpangkrasak Terekam CCTV

Puncak rangkaian kuliah umum adalah talkshow bersama Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi pada hari Jumat, 30 Agustus 2019, pukul 09.00 11.00 di Auditorium Prof. Soedarto Universitas Diponegoro (Undip).

“Nanti pada kuliah umum di Undip, Menlu RI akan menyampaikan pencapaian-pencapaian Kemenlu RI dan Diplomasi RI serta berbagi cara bagaimana generasi muda Semarang dapat menjadi Duta lndonesia,” kata Aziz Nurwahyudi selaku Direktur Diplomasi Publik Kemenlu RI.

Selain itu, Festival Diplomasi akan diselenggarakan pada Jumat, 30 Agustus mulai pukul 10.00 WIB di Simpang Lima Semarang. Sekitar 20.000 pelajar dari berbagai universitas, SMA, SMK, Madrasah, serta SLB di Semarang akan terlibat aktif di acara tersebut.

Dalam festival tersebut para pelajar akan berkesempatan untuk mengunjungi berbagai booth yang dibagi dalam beberapa area. Area Edufair, akan menghadirkan perwakilan kedutaan, konsulat dan institusi asing sebagai bagian dari area Friends of Indonesia.

Para pengunjung diajak untuk belajar budaya asing dan memperoleh informasi pendidikan dari lembaga pemberi beasiswa di area. Edufair juga akan menghadirkan perwakilan universitas di Semarang serta menyebarkan informasi dan kesempatan Beasiswa LPDP.

Sementara pada area soft skill, para pelajar dapat ikut merasakan menjadi wakil lndonesia membahas isu perdamaian dunia dalam simulasi sidang Dewan Keamanan PBB, serta bernegosiasi dengan negara lain dalam simulasi sidang bilateral.

“Sebagai penutup, Diplofest menghadirkan penampilan musik dari penyanyi Afgan dan Danilla serta sejumlah musisi ternama lainnya. Diplofest terbuka untuk umum dan tidak dikenakan biaya,” pungkas Aziz. (suarabaru.id)