Bagikan

SEMARANG – Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan melaksanakan program kemitraan masyarakat (PKM) yang didukung oleh Kemenristek Dikti pada kelompok anak jalanan di Desa Demaan Kabupaten Kudus yang dilaksanakan pada 18 Agustus 2019.

PKM yang diketuai oleh Nuhyal Ulia MPd dengan anggota Leli Nisfi Setiana MPd dan
Yulina Ismiyanti MPd terdiri dari beberapa kegiatan diantaranya adalah pelatihan literasi dan ketrampilan berhitung. "Di lingkungan mereka kegiatan semacam ini belum pernah di laksanakan, sehingga anak-anak sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini" kata Nuhyal Ulia selaku ketua Tim PKM.

Dalam pelatihan diberikan beberapa materi terkait literasi dan ketrampilan berhitung.
Diantaranya mendeskripsikan gambar, berhitung dengan teknik cepat menggunakan garis, mengenal angka dengan bernyanyi serta tentunya diselingi dengan film pendek tentang cerita rakyat dan lagu anak-anak yang mendidik dan menghibur.

Juni Sulistyowati, perangkat desa yang juga PSM (pekerja sosial masyarakat) meminta
anak-anak jalanan untuk tidak turun ke jalan lagi karena resiko kecelakaan dan kriminalitas yang tinggi dan usia anak-anak tidak perlu ke jalan karena tugas anak-anak adalah belajar dan beliau juga berpesan selesai sekolah anak-anak harusnya belajar dan ngaji saja tidak perlu berkeliaran di jalan lagi.

Narasumber ketrampilan berhitung Mohamad Hariyono MPd mengajak mereka untuk
belajar berhitung dasar dengan teknik yang menarik dan mudah difahami. Disela-sela acara juga di bagikan doorprize dan hadiah bagi pemenang lomba dalam rangka HUT RI yaitu lomba kerupuk, lomba kelereng dan lomba pensil yang sudah diadakan sebelumnya.

“Semua fihak mendukung kegiatan positif ini dan tentunya menarik sehingga anak-
anak dapat berhitung dengan baik dan mulai gemar dengan literasi harapan kami kegiatan semacam ini dapat berlanjut lagi. " Tutur Misbah Ketua RT 03 RW 03 Demaan Kudus./suarabaru.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here