Bagikan

SEMARANG – Departemen Kehamilan di Prodi Sarjana dan Profesi Bidan Unissula mengadakan pengabdian masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Bangetayu Kota Semarang pada (25/7). Ketua tim RR Catur Leny Wulandari mengatakan tujuan pengabdian masyarakat ini sebagai skrining anemia dan kurang energi kronis (KEK) serta prevalensi anemia dan KEK pada ibu hamil (Bumil).

Dengan skrining tersebut, dapat mencegah terjadinya anemia defisiensi besi dengan suplementasi besi dan folat sehingga ibu hamil tidak akan mengalami masalah maupun komplikasi yang disebabkan terjadinya anemia.

Menurut Catur Leny, “Kehamilan adalah masa yang paling rentan bagi kehidupan seorang perempuan, karena pada masa menyebabkan perubahan yang besar terhadap tubuh seorang perempuan. Salah satu perubahan yang besar yaitu pada sistem hematologi. Ibu hamil sering kali mengalami anemia selama masa kehamilan. Pertumbuhan dan perkembangan janin pada ibu dengan anemia dan KEK tidak akan optimal dan dapat menyebabkan janin tidak dapat berkembang. Jika hal tersebut tidak diatasi, maka akan berdampak pada permasalahan stunting. Anak dengan stunting memerlukan perhatian khusus karena dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan.” Ujarnya.

Tim pengabdian juga memberikan penyuluhan terkait kondisi ibu hamil. Dalam kegiatan ini RR Catur Leny bekerjasama dalam tim dengan departemen kehamilan yang lain, yaitu Alfiah Rahmawati, Muliatul Jannah, Arum Meiranny, dan Atika Zahria Arisanti yang memiliki kemampuan dan keahliannya masing-masing serta beberapa mahasiswa, kader kesehatan dan tenaga survey kesehatan (Gasurkes) dengan tujuan supaya ada keberlanjutan dari kegiatan ini./suarabaru.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here