Bagikan
Gudep Pramuka SMP Negeri 4 Kertek foto bersama setelah dinyatakan sebagai pemenang Juara Umum II Jambore Pramuka Kwartir Ranting Kecamatan Kertek Wonosobo. (SuaraBaru.id/Muharno Zarka)

WONOSOBO-Gugus Depan (Gudep) Pramuka SMP Negeri 4 Kertek Wonosobo meraih predikat sebagai Juara Umum Kedua dalam Jambore Kwartir Ranting Pramuka Kecamatan Kertek di Lapangan Desa Bojasari Kecamatan Kertek Kabupaten Wonosobo.

Adapun sebagai Juara Umum Pertama direbut SMP Negeri 1 Kertek dan Juara Umum Ketiga diraih MTs Ma’arif Kertek. Cabang yang dilombakan dalam Jambore Kwarant Kertek antara lain pionering, penjelajahan, pentas seni, story telling, LKBB, Kapling dan K3.

Dalam Jambore Kwartir Ranting Pramuka Kecamatan Kertek yang diikuti semua Gudep Pramuka SD/MI dan SMP/MTs itu, Gudep Pramuka SMPN 4 Kertek merebut 12 piala dari berbagai cabang yang dilombakan. Hampir semua cabang lomba Gudep SMPN 4 Kertek meraih juara.

Sebagai Juara Umum Kedua, cabang lomba yang diraih SMPN 4 Kertek meliputi juara 1 Pionering putri, juara 3 Pionering putra , juara 2 Menjelajah putra/putri, juara 2 Pentas Seni, juara 1 Story Telling putra dan juara 2 Story Telling putri.

Selain itu, juga juara 2 Latihan Ketrampilan Baris-Berbaris (LKBB) putri, juara 3 Kapling putra, juara 1 Kapling putri danĀ  Gudep Tergiat 2 putra dan putri. Sebelum pelaksaan jambore, Gudep SMPN 4 Kertek telah melakukan serangkaian latihan.

Berkat Kerja Sama

Kepala SMP Negeri 4 Kertek Slamet Riyadi S Ag mengatakan prestasi yang diraih Gudep Pramuka SMP Negeri 4 yang dipimpinnya merupakan buah dari kerja keras dan kerja sama semua pihak. Kerjasama dan kerja keras yang dilakukan bisa membuahkan hasil.

“Hasil Juara Umum Kedua yang diraih Gudep Pramuka SMP Negeri 4 dalam Jambore Kwarant Pramuka Kecamatan Kertek tak terlepas dari kerjasama dari Pembina Pramuka, Pendamping Gudep dan anak-anak yang rajin dan giat dalam berlatih,” katanya, Senin (26/8).

Latihan yang dilakukan Gudep Pramuka SMP Negeri 4 Kertek dilakukan sepekan sekali. Semua siswa wajib mengikuti latihan pramuka tersebut. Saat akan mengikuti jambore Pramuka Kwarant Kertek, latihan lebih diintensifkan lagi.

Sebagai peraih Juara Umum Kedua bersama peraih Juara Umum Pertama SMP Negeri 1 Kertek, Gudep Pramuka SMP Negeri 4 Kertek, berhak mewakili Kwarant Kecamatan Kertek dalam even yang sama di di tingkat Kabupaten Wonosobo.

“Dalam menghadapi Jambore Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Wonosobo, Gudep Pramuka SMP Negeri 4 Kertek akan lebih giat lagi dalam latihan agar bisa meraih juara umum lagi. Dalam latihan ada pendalaman materi yang akan dilombakan,” tegasnya.

SuaraBaru.id/Muharno Zarka

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here