blank
START: Para pelari kategori Relay Marathon beradu cepat meninggalkan garis start, untuk menjadi yang tercepat. Start untuk nomor ini dimulai tepat pukul 05.00 WIB. Foto: dok/riyan

KUDUS– Legenda bulutangkis Indonesia dari sektor ganda campuran, Liliyana Natsir menyatakan antusias, menunggu penyelenggaraan berikutnya even kejuaraan lari bertajuk Tiket.com Kudus Relay Marathon (TKRM) di tahun depan. Dia mengungkapkan hal itu usai menyelesaikan nomor 5K, pada acara yang digelar di Kudus, Minggu (24/8).

Mantan pasangan Tontowi Ahmad itu menyebutkan, kegiatan lari sudah menjadi kebiasaanya semasa masih aktif di pelatnas sebagai atlet bulutangkis. Namun bila berlari di jalan raya bersama ribuan orang, baru kali ini dia melakukannya.

”Semasa masih aktif sebagai atlet, lari sudah menjadi makanan sehari-hari untuk menunjang fisik sebagai pemain. Tetapi kini setelah pensiun dan aktif di beberapa usaha diluar bulutangkis, kegiatan lari menjadi hal yang istimewa,” imbuh Butet, panggilan akrabnya, yang ditemui usai menyelesaikan jarak tempuh yang diikutinya.

Ditambahkan dia, kegiatan seperti ini baginya hanya fun saja, sekaligus refreshing usai tak lagi memegang raket. ”Saya ingin ikut lagi tahun depan, mumpung saya sekarang sedang aktif di klub bersama PS Djarum di Kudus. Kegiatan ini bagi saya sebagai refreshing dan hanya fun saja. Apalagi bisa bertemu banyak orang, asyik pokoknya,” imbuh dia.

Even TKRM 2019 ini sendiri diikuti sebanyak 6.000 pelari di lima kategori race, yakni Relay Marathon (42,195 kilometer), Half Marathon (21,1 km), 10K, 5K, dan Kids Fun Run. Start dan finish dilakukan di Alun-alun Simpang Tujuh, Kudus.

blank

ATLET: Sejumlah mantan atlet bulutangkis Nasional, seperti Eddy Hartono, Christian Hadinata, dan Lius Pongoh ikut serta di kejuaraan ini pada kategori 5K. Foto: riyan

Tim Djarun Kenjcak
Selain Butet, sederet mantan pebulutangkis Nasional turut ambil bagian di kegiatan ini, seperti Liem Swie King, Christian Hadinata, Eddy Hartono, Lius Pongoh dan Denny Kantono.

Pada kategori utama, Relay Marathon, juara I diraih Tim Djarun Kenjcak asal Lumajang, Jatim. Mereka terdiri dari Sutikno, Robby Kurniawan, Dedy Yusuf, dan Eva Yunita. Jarak 42,195 kilometer itu mereka tempuh dalam waktu 02:36:27. Catatan waktu terbaik ini membuat mereka meraih hadiah utama senilai Rp 28 juta.

Di kategori Half Marathon Male juara berhasil diraih Maji Suranto yang mencetak waktu 01:17:55. Sedangkan Half Marathon Female waktu tercepat 01:32:52 diraih Risa W Wijayanti. Kedua juara itu meraih hadiah masing-masing sebesar Rp 13 juta.

Untuk kategori 10K Male juara pertama diraih Ricky Robin S Nababan (00:35:48), dan di 10K Female juara diraih Yanitasari Yanita (00:40:46). Mereka masing-masing mendapatkan hadiah sebesar Rp 6,5 juta.

suarabaru.id/Riyan