Bagikan
Ketua DPRD Kudus lama Achmad Yusuf Roni (kiri) menyerahkan palu sidang kepada Ketua Sementara DPRD Kudus yang baru dilantik. Dua orang tersebut masuk dalam bursa Ketua DPRD Kudus yang diusulkan PDIP. foto:Suarabaru.id/

KUDUS – Sebagai partai pemenang Pemilu 2019 di Kudus, PDIP berhak atas kursi Ketua DPRD Kudus periode 2019-2024. Oleh karenanya partai berlambang kepala banteng moncong putih tersebut sudah mengusulkan tiga nama untuk menjadi Ketua DPRD kota kretek tersebut.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan Ketua DPC PDIP Kabupaten Kudus Masan, usai prosesi pelantikan DPRD Kudus, Rabu (21/8). Masan yang juga telah ditunjuk sebagai Ketua Sementara DPRD Kudus, mengungkapkan rekomendasi partainya untuk posisi Ketua DPRD masih belum turun.

“Rekom dari DPP PDIP belum turun. Tapi dari DPC sudah mengusulkan tiga nama yakni saya sendiri, Aris Suliyono dan Achmad Yusuf Roni,”kata Masan.

Dikatakan Masan, siapapun yang akan menjabat sebagai Ketua DPRD, merupakan hak langsung dari DPP. Sebagai kader, menurut Masan, pihaknya akan taat pada kebijakan partai.

“Itu merupakan kewenangan DPP. Sebagai kader, harus selalu tunduk dan patuh terhadap putusan partai,” ujarnya.

Hal yang sama juga disampaikan Achmad Yusuf Roni. Yusuf yang merupakan Sekretaris DPC PDIP Kudus dan juga Ketua DPRD lama, mengaku siap apapun keputusan dari partai.

“Sebagai kader, saya tidak minta jabatan tapi siap jika ditugaskan dimanapun oleh partai,”tandas Yusuf.

Alat Kelengkapan

Sementara, terkait pengisian alat kelengkapan dewan, dikatakan  juga akan masih menunggu pimpinan DPRD definitif terisi. Pasalnya, selain selain PDIP, tiga partai lain yang berhak atas jabatan Wakil Ketua DPRD sejauh ini ada yang juga belum menurunkan rekomendasinya.

Hanya PKB saja yang sudah memastikan siapa nama anggotanya yang akan menjadi Wakil Ketua DPRD. Partai pimpinan Muhaimin Iskandar tersebut telah memutuskan Ketua DPC nya yakni Ilwani sebagai Wakil Ketua.

“Rekom dari DPP PKB sudah turun, dan kembali menugaskan saya untuk jadi Wakil Ketua DPRD Kudus,”kata Ilwani.

Sementara, untuk Gerindra dan Partai Golkar sebagai pemegang jatah jabatan Wakil Ketua DPRD lainnya, hingga kini belum memastikan siapa kader yang akan ditunjuk. Namun, informasi sementara untuk Golkar akan menugaskan Ketua DPD nya, yakni Hj Tri Erna dan Gerindra akan menunjuk Sulistyo Utomo sebagai wakil Ketua DPRD.

Suarabaru.id/Tm

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here