blank
Penampilan salah satu peserta pawai pembangunan level PAUD/TK, SD, SMP dan sederajat berkostum burung merak ini sempat mencuri perhatian penonton. (Foto : SB/Hms-Setbla)

BLORA – Meski pawai pembangunan memeriahkan HUT ke-74 Kemerdekaan RI dari hanya level PAUD/TK/SD/SMP dan sederajat, masyarakat Blora antusias turun memadati kanan-kiri sepanjang rute, Senin (19/8/2019).

Pawai dilepas Bupati H. Djoko Nugroho didampingi jajaran Forkopimda bersama  istri, Sekda Komang Gede Irawadi, dan pada kepala organisasi perangkat daerah (OPD), dengan titik start di jalan Pemuda depan kantor bupati

Ribuan peserta pawai dari anak-anak dan kawula muda Blora, menampilkan beragam kreasinya, dengan semboyan ‘’jadilah generasi muda Blora yang kreatif dan berbudaya dalam harmoni Nusantara’’.

“Inilah keberagaman seni budaya Indonesia, harus kita dilestarikan dan diwariskan kepada generasi muda,” tandas Bupati Blora.

Terpisah Kepala Dinas Perumahan Permukiman dan Perhubungan, Pratikno Nugroho, selaku ketua seksi pawai pembangunan, menjelaskan  peserta pawai berjumlah 66 tim.

Rinciannya, kata Pratikno, 33 tim dari PAUD/TK, 24 tim dari SD Sederajat, dan 9 tim dari SMP Sederajat yang dalam satgu timnya ada yang lebnih dari 100 orang.

blank
Peserta dari SMP Negeri 5, Kota Blora, memboyong patung khas Bali, lengkap dengan asesorisnya. (Foto : SB/Hms-Setbla)

Barongsai

Rute pawai peserta SD, SMP dan sederajat jalan kaki sekitar dua kilometer mulai dari depan kantor Bupati  (jalan Pemuda), Tugu Pancasila, jalan Gunandar  dan finish di SMP Negeri 2 Blora.

Masing-masing peserta ada yang menampilkan tayub (TK Pertiwi Setda), barongan khas Blora (dari SD Muhammadiyah), kesenian Barongsai (SD Kartini), dan kesenian Bali (SMPN 5).

Penampilan lainnya Naya Gimbal (SMPN 6), tari Sate Ayam (SMPN 2 Blora) hingga penampilan dengan kaostum aneka satwa yang menarik perhatian.

Pratikno menambahkan, untuk pawai pembangunan level SMA/SMK Sederajat, OPD dan umum, baru akan digeber pada Sabtu (24/8/2019) mulai 18.30 WIB.

 

Suarabaru.id/Wahono