blank

SEMARANG – Tim Fakultas Ilmu Keperawatan  Unissula bersama tim Puskesmas Bangetayu mengadakan pengabdian masyarakat yang diadakan di Kelurahan Bangetayu Wetan pada 7 Agustus 2019.

Berbagai kegiatan yang dilakukan secara bertahap selama beberapa pekan oleh tim pengabdian mulai dari penyuluhan kemudian melatih kader kesehatan untuk terampil dalam melakukan senam anti stroke untuk warga, serta pendampingan pelaksanaan posyandu lansia.

Senam anti stroke yang dipandu oleh Ns Nutrisia Nu’im Haiya MKep. Pemeriksaan tekanan darah serta pemeriksaan kolesterol asam urat dan gula darah oleh Heny Tavifi SKM dan mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan sebagai fasilitator. Hal ini dilakukan untuk membantu pemerintah dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia khususnya Kelurahan Bangetayu Wetan, guna mencapai kesejahteraan seoptimal mungkin, dengan melakukan promotif dan preventif terhadap penurunan angka kejadian stroke akibat dari tekanan darah tinggi yang diderita oleh beberapa masyarakat.

Data yang didapatkan saat pelatihan senam, ada 9 dari 30 orang yang hadir mengalami tekanan darah tinggi dan 2 diantaranya masuk dalam hipertensi tipe berat, dengan mengimplementasikan senam anti stroke ini, diharapkan menjadi tindakan pencegahan kejadian stroke.

Rangkaian acara pengabdian ini hadir dekan Fakultas Ilmu Keperawatan, Iwan Ardian  SKM MKep yang ikut terlibat aktif dan Kepala Puskesmas Bangetayu dr Suryono Setyo Priyadi juga tidak ketinggalan Lurah Bangetayu Wetan, Ibu Sugiarti. Sehingga menambah kehangatan acara dengan antusiasme kader kesehatan yang luar biasa menjadikan acara ini begitu meriah. Masyarakat berharap pengabdian seperti ini bisa terus ada untuk mereka yang membutuhkan sentuhan para ahli dibidangnya./suarabaru.id