blank
Ilustrasi

KUDUS – Sekretariat DPRD Kabupaten Kudus menyiapkan anggaran sekitar Rp 450 juta untuk dana purnabhakti 45 anggota DPRD Kudus periode 2014-2019 yang akan mengakhiri masa jabatannya pada 21 Agustus mendatang. Anggaran tersebut mengacu kepada  Peraturan Pemerintah (PP) No 18 Tahun 2017 tentang  Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.

Plh Sekretaris DPRD Kudus Rahma Hariyanti mengungkapkan dana purnabhakti tersebut sebagai bentuk jasa pengabdian bagi Anggota DPRD Kudus. “Anggaran itu sesuai aturan, kita sudah siapkan di APBD 2019,” ujar Rahma, Senin (19/8).

Rencananya anggaran tersebut dibagikan kepada 45 anggota DPRD Kudus yang purnabhakti. Tak terkecuali juga bagi anggota dewan yang kembali terpilih juga tetap mendapatkan uang pensiunan tersebut.

”Jadi semua anggota dewan periode 2014-2019 akan mendapatkannya baik yang tidak terpilih maupun yang terpilih lagi,” tambahnya.

Terkait jumlah yang akan diterima, dikatakan Rahma sesuai ketentuan sebesar 6 kali uang representasi bagi anggota yang full 5 tahun menjabat. Sementara, yang menjadi anggota PAW, juga tetap mendapatkannya meski jumlahnya berbeda.

”Besarannya berbeda-beda tergantung jabatan dan masa kerja. Ada perhitungannya sesuai PP 18/2017.  Kisarannya ya sekitar Rp 10 juta per anggota,”tandasnya.

Hal itu juga ada perbedaan terkait jabatan. Namun perbedaannya tidak begitu signifikan. “Ketua , Wakil sama anggota itu berbeda,Ada perhitungannya sesuai PP 18/2017,” terangnya

Pelantikan

Lebih lanjut, kata Rahma, dana purnabhakti itu akan diberikan setelah pelantikan anggota DPRD periode 2019-2024. ” Setelah selesai menjabat, atau setelah pelantikan anggota dewan baru, semua akan diberikan kepada 45 anggota dewan,” katanya.

Sesuai rencana, pelantikan anggota DPRD Kudus akan dilakukan pada Rabu (21/8). Sejauh ini, kata Rahma persiapan pelantikan sudah dilakukan dengan cukup baik. “Rencananya, pelantikan akan menggunakan Aula DPRD di lantai bawah,”ujar Rahma.

Menurutnya, dalam pelantikan tersebut, Sekretariat DPRD telah menyebar sekitar 800 undangan. Selain anggota dewan dan keluarganya yang dilantik, turut diundang pula anggota  dewan lama, serta para stakeholder yang ada di Kudus.

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan pihak keamanan, rencananya akan ada 130 personel keamanan baik dari Polres, Satpol PP hingga Linmas yang akan ikut melakukan pengamanan acara pelantikan,”tandasnya.

Suarabaru.id/Tm/