Bagikan
Tim Pelatnas Bola Tangan Pantai untuk Sea Games

Jepara – Mungkin tidak banyak yang tau ada  cabang olah raga bola tangan Padahal  cabang olah raga ini  wajib dipertandingkan di Olimpiade dan Asean  Games serta  menjadi cabang  olah raga terpopuler kedua   di  Olympic Rio de  Janero setelah cabang olah raga  sepak bola. Cabang olahraga ini   juga telah mulai  dipertandingan pada PON tahun 1962  yang  diIkuti oleh 4 tim  dari Jateng, Jabar, Jatim dan DKI. Bahkan tahun 2008 Indonesia telah     menjadi tuan rumah  Asian Beach Games nomor bola tangan pantai  yang diselenggarakan di Bali. Tahun ini cabang olah raga ini  akan dipertandingan pada PON di  Papua dan Sea  Games di Filipina. Secara organisasi, pada tahun 2012 hingga sekarang telah terbentuk 20 pengurus provinsi Asosiasi  Bola Tangan Indonesia (ABTI).

Untuk mempersiapkan tim  yang akan berlaga  di Sea Games  Filipina Desember mendatang kini tengah dilakukan pemusatan latihan di Pantai Bandengan Jepara hingga Oktober mendatang.  Dibawah asuhan  pelatih nasional    Abdul  Kadir 11 orang  atlit dari berbagai daerah kini  tengah fokus  di ketrampilan, kecepatan dan  power.  “Harapan kami dalam dua  bulan terakhir ini   jadwal TC di Jepara  tercapai, sebelum kami dipanggil ke  Jakarta, ”ujar Abdul Kadir kepada wartawan SuaraBaru.Id. Harapan kami,  tim nasional  bola  tangan Inddonesia  mampu berbicara di  Sea  Games Filipina.

Audiensi Panitia Festival Kebugaran dengan Plt Bupati Jepara

Abdul Kadir tidak   menampik anggapan  bahwa keterlambatan perkembangan cabang olah raga  ini disebabkan karena olah raga bola tangan ini belum banyak diketahui  oleh masyarakat. Hingga  minat masyarakat masih cukup rendah. Disamping itu ada keterlambatan konsolidasi  kepengurusan. “Bahkan  kepengurusan pernah fakum hampir  dua tahun. Namun kini  kepengurusan PB ABTI telah  solid,” ujar Abdul  Kadir.

Ia  menyambut baik even  Festival Kebugaran yang akan  digelar 23 Agustus  2019  di Bandengan    oleh Kementerian Pemuda  Olah Raga, Pemkab Jepara  bekerjasama dengan Kodim 0719  Jepara,   ABTI,  LSM Gelegar,   Yayasan Kartini Jepara, LKP Novhee dan unsur lain. “ Salah satu  tujuannya  adalah untuk memasyarakatkan cabang olah raga bola tangan”  ujar Abdul Khadir. Ia bersama tim pelatnas akan menampilkan permainan  bola  tangan pantai.

Sementara itu Hadi Priyanto  dari Yayasan Kartini  Indonesia  menjelaskan optimismenya  kegiatan yang akan berlangsung  di Bandengan tanggal 23 Agustus jam 14.00 akan sukses.  “ Apalagi  Pak Plt Bupati , Dandim 0719, Dinas  Pariwisata dan komunitas senam  di Jepara  akan mendukung festival kebugaran ini. Juga KONI, Dinas Pendidikan, Pemuda dan  Olah Raga serta komunitas lain” ujar Hadi Priyanto

Sedangkan Novie dari LPK Novhee menuturkan disamping  cabang olah raga bola tangan pantai, festival kebugaran juga akan diisi dengan senam aerobik dan zumba party, interval  training serta perform jetsky. (SuaraBaru.Id/ Ulil  Abshor )    

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here