Bagikan
Beberapa personel BPBD dan Tim SAR Kecamatan Selomerto, Kabupaten Wonosobo, yang tengah mengikuti upacara HUT ke-17 Kemerdekaan RI langsung memberesi panggung utama yang terjang angin puting beliung. (Foto : SuaraBaru. id/Muharno Zarka)

WONOSOBO– Angin puting beliung menerjang tenda para tamu Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74 di Lapangan Kecamatan Selomerto, Kabupaten Wonosobo, Sabtu (17/8) pagi.

Informasi yang dihimpun, angin sempat menerjang Pelaksana Tugas (Plt) Camat Selomerto Singgih Kuncuro yang saat itu membacakan Naskah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Menurut keterangan Koordinator Relawan Peduli Bencana (RPB) Kecamatan Selomerto,

Edi Setyo, angin puting beliung menerjang tenda tamu upacara sekitar pukul 10.05.

Kronologi kejadian, angin kencang datang dari arah timur selatan ke arah utara. Sebelumnya angin yang posisi memutar itu sudah mengangkat payung tukang penjual cilok. Kemudian ke arah tengah persis di sekitar inspektur upacara kemudian ke arah barat di tenda tamu.

Atas kejadian tersebut sejumlah atap seng tenda langsung terlepas dan terbang. Begitupun sejumlah rangka besi tenda terlepas dan jatuh. Di posisi bawah tenda, tepat berdiri sejumlah kepala desa dari seluruh Kecamatan Selomerto.

Tidak ada  korban dalam peristiwa tersebut. “Alhamdulillah tidak ada korban dalam peristiwa tersebut. Anggota RPB langsung bergerak cepat melakukan evakuasi,” imbuhnya.

Atas nama Ketua RPB Selomerto, pihaknya  mengucapkan banyak terima kasih atas reaksi cepat dan tanggap anggotanya dalam mengamankan kegiatan upacara peringatan HUT RI ke 74 di Lapangan Kecamatan Selomerto.

Aksi tanggap kejadian dalam hal kebencanaan seperti halnya angin puting beliung, pada kejadian tersebut diperlukan, sehingga jika ada korban segera dievakuasi. “Semoga kedepannya kita tetap kompak selalu,” harapnya.

SuaraBaru. id/Muharno Zarka

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here