blank
Pemateri siap menyampaikan paparan dalam sosialisasi potensi energi panas bumi di kawasan Dataran Tinggi Dieng yang digelar PT Geo Dipa Energi (Persero) Unit Dieng dan mahasiswa KKN PPM UGM Yogyakarta di wilayah Kecamatan Batur Banjarnegara. (Foto : SuaraBaru.id/Muharno Zarka)

BANJARNEGARA–PT Geo Dipa Energi (Persero) Unit Dieng bersinergi dengan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta melakukan sosialisasi kegiatan panas bumi bagi masyarakat.

Sosialisasi yang diikuti warga di sekitar desa kegiatan panas bumi yang dilakukan PT Geo Dipa Energi (Persero) Unit Dieng itu, digelar di beberapa desa di Kecamatan Batur Banjarnegara. warga sangat antusias mengikuti acara dari awal hingga selesai.

Bertindak sebagai pemateri Arif Subagyo (Kepala Bidang Tata Ruang DPU Banjarnegara), Guruh Setyatama dan Suharto ( Staf Operasional PT Geo Dipa Energi (Persero) Unit Dieng) dan Dr Khasani (Kepala Pusat Penelitian Panas Bumi Fakultas Teknik UGM Yogyakarta).

Ketiga pemateri menyampaikan paparan mengenai panas bumi dan pemanfaatan langsung di sekitar masyarakat. Panas bumi yang dikelola dengan baik sangat bermanfaat bagi masyarakat sebagai sumber energi listrik dan menambah pendapatan negara.

Camat Batur Imron Rosyadi mengapreasiasi pihak PT Geo Dipa Energi (Persero) Unit Dieng yang telah melakukan sosialisasi guna meningkatkan pemahaman masyarakat tentang potensi panas bumi sebagai salah satu sumber energi listrik terbarukan dan ramah lingkungan.

Ramah Lingkungan

“Potensi panas bumi sebagai energi terbarukan sedang dikembangkan di kawasan Dataran Tinggi Dieng ini. Potensi panas bumi diharapkan menjadi salah satu solusi bagi negara dan masyarakat sebagai sumber daya listrik ramah lingkungan,” katanya.

Guruh Setyatama menyebut PT Geo Dipa Energi (Persero) Unit Dieng merupakan perusahaan BUMN Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTPB) di bawah Kementerian Keuangan RI. Perusahaan ini sudah berproduksi dan akan terus melakukan pengembangan produksi.

“Sosialisasi ini diharapkan mendapat dukungan penuh masyarakat agar operasional PT Geo Dipa Energi (Persero) Unit Dieng dapat berjalan baik dan lancar. Masyarakat mengetahui manfaat panas bumi dalam menggantikan sumber listrik lainnya,” cetus dia.

Kepala Bidang Tata Ruang DPU Banjarnegara  Arif Subagyo mengatakan dukungan masyarakat desa di kawasan Dataran Tinggi Dieng di mana PT Geo Dipa Energi (Persero) Unit Dieng beroperasi sangat diperlukan demi percepatan proyek energi panas bumi.

“Saat ini PLTP Dieng Unit 1 telah memproduksi hampir mencapai 60 MW dari potensi WKP Dieng ekuivalen 400 MW  dan akan terus dilakukan pengembangan agar target produksi bertambah untuk memenuhi kebutuhan listrik nasional,” paparnya, Jum’at (16/8).

Kegiatan tersebut merupakan kali kedua sejak 2018 dan akan terus dilakukan guna memberikan edukasi terkait potensi energi panas bumi di Dieng. Warga diharapakan mendukung dan Potensi panas bumi dapat memenuhi kebutuhan listrik nasional sesuai target negara.

SuaraBaru.id/Muharno Zarka