blank
PT Geodipa Energi bersama mahasiswa KKN sedang melakukan sosialisasi tenteng panas bumi. Foto: Muharno Zarka

BANJARNEGARA– PT Geo Dipa Energi (Persero) Unit Dieng bersinergi kerja sama dengan Kelompok Kerja Nyata Pengembangan & Pemberdayaan Masyarakat Universitas Gadjah Mada Tim Batur 2019 melakukan sosialisasi lakukan kegiatan panas bumi bagi masyarakat di Kecamatan Batur dan sekitarnya .

Geodipa mengundang narasumber Arif Subagyo – Kepala bidang Tata Ruang Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Banjarnegara, Guruh Setyatama dan Suharto – Pekerja Operasional Geodipa serta Dr. Khasani – Kepala Department Teknik Mesin & Industri dan Pusat Penelitian Panas Bumi Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada untuk memberikan materi mengenai panas bumi dan pemanfaatan langsung disekitar masyarakat. Peserta kegiatan yang hadir adalah desa-desa sekitar lapangan panas bumi Dieng.

Imron Rosyadi – Camat Batur Kamis (15/8) mengucapkan terima kasih pada Geodipa yang telah melaksanakan sosialisasi yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang panas bumi sebagai salah satu bentuk edukasi kepada masyarakat tentang panas bumi. Panas bumi sebagai energi terbarukan yang sedang dikembangkan di Kawasan Dataran Tinggi Dieng ini diharapkan menjadi salah satu solusi bagi negara dan khususnya masyarakat sekitar sebagai sumber daya listrik ramah lingkungan.

Geodipa merupakan Perusahaan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) BUMN dibawah Kementerian Keuangan yang sudah berproduksi, dan rencananya akan dilakukan pengembangan untuk menambah kapasitas listriknya. Dengan sosialisasi ini harapannya dibutuhkan dukungan penuh masyarakat agar operasional Geodipa dapat berjalan dengan baik dan lancar sekaligus menyamakan presepsi kepada masyarakat terkait manfaat dan kebaikan panas bumi dalam menggantikan sumber listrik yang konvensional.

Arif Subagyo – Kepala bidang Tata Ruang Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Banjarnegara turut serta menyampaikan bahwa dukungan masyarakat desa amat sangat diperlukan demi percepatan proyek panas bumi. Saat ini PLTP Dieng Unit 1 telah memproduksi hampir mencapai 60 MW dari potensi WKP Dieng ekuivalen 400MW dan akan terus dilakukan pengembangan agar target produksi bertambah untuk memenuhi kebutuhan listrik.

Sosialiasi ini merupakan kali kedua pelaksanaan sejak tahun 2018, yang insyallah akan terus dilakukan guna memberikan edukasi terkait keberadaaan Geodipa dan Sumber Daya Panas Bumi yang terdapat di lingkungannya. Harapannya kedepan masyarakat dapat mendukung kegiatan operasional Geodipa dan semoga dapat mencapai kebutuhan listrik nasional sesuai program dan target pemerintah.

SuaraBaru. id/Muharno Zarka