blank
Acara Gathering PHE TEJ dan PHE Randugunting bersama jurnalis di Hotel Royal Darmo, Jogyakarta.(Djamal)

YOGYAKARTA – Anak Perusahaan PT  Hulu Energi (PHE), Pertamina Hulu Energi Tuban East Java (PHE TEJ) dan PHE Randugunting melanjutkan kegiatan eksplorasi demi menemukan cadangan minyak dan gas (migas) baru di wilayah Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Kali ini, pengeboran sumur eksplorasi WMA-1, merupakan upaya pencarian cadangan baru lainnya yang dilakukan di Desa Jekulo, Kecamatan Soko, melalui survei seismik 3D. Kegiatan itu mendapat dukungan penuh dari masyarakat Tuban dan pemerintah setempat.

Dukungan terhadap kegiatan tersebut diungkapkan oleh Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein dalam rangkain kegiatan sosialisasi survei seismik 3D

PHE TEJ.

“Pemerintah Kabupaten Tuban dengan seluruh jajaran dari kecamatan sampai desa siap mendukung penuh apa yang akan dilakukan PHE TEJ dan PHE Randugunting. Kami siap membantu menjadi jembatan komunikasi agar kegiatan seismik ini terlaksana dengan baik,” ungkapnya.

General Manager PHE TEJ & PHE Randugunting, Darwin Tangkalalo, menekankan bahwa kegiatan survey seismik 3D dan sumur Eksplorasi WMA-1 di lapangan Tuban East Java serta kegitan workover dan pembangunan fasilitas produksi di Sumur RGT-2 di lapangan Randugunting, merupakan langkah penting dari PHE TEJ & PHE Randugunting dalam berinovasi dan berupaya mendukung ketahanan energi nasional.

Dua tahun lalu, di Desa Krikilan, Kecamatan Sumber, Rembang, Jawa Tengah, sudah dilakukan eksplorasi. Tahun 2020, akan segera dilakukan pengembangan lapangan sumur produksi.

“Jajaran manajemen PT Pertamina Hulu Energi sebagai Holding Company sangat mengapresiasi kegiatan eksplorasi dan pengembangan produksi yang dilaksanakan oleh PHE TEJ, sebagai wujud nyata keseriusan PHE untuk terus berkontribusi bagi masyarakat Indonesia,” kata Darwin Tangkalalo.

Menurutnya, ketiga proyek tersebut, baik seismic 3 D, pengeboran sumur eksplorasi WMA-1, pengembangan sumur RGT-2 (Randugunting), telah memasuki tahap awal . Untuk itu seluruh stakeholder, termasuk masyarakat di sekitarnya mau mendukung penuh kegiatan ini.

Terkait dengan  kegiatan tersebut, selama tiga hari (12-14 Agustus 2019), PHE TEJ dan PHE Randugunting mengadakan Gathering bersama belasan jurnalis dari wilayah terdekat (Tuban dan Rembang) di hotel bintang empat “Royal Darmo, Jogyakarta. Tujuan gathering juga untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat luas melalui media.

Selain itu, juga diadakan presentasi pemanfaatan Youtube untuk meningkatkan jangkauan Media Mainstream, oleh Owner Cumicumi.com.Pada hari berikutnya semua peserta Gathering diajak lava tour ke Merapi dengan naik jeep menyusur bukit pasir dan batu serta sungai.(suarabaru.id/Djamal)