Bagikan
Kasat Lantas Polres Grobogan AKP I Putu Krisna saat membagikan pita dan stiker merah putih yang kepada masyarakat yang telah membayar pajak kendaraan bermotor di Samsat Grobogan, Kamis (15/8). Foto: Hana Eswe.

GROBOGAN – Tidak seperti biasanya terlihat pada pelayanan di kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Grobogan, Kamis (15/8). Dua hari menjelang HUT Kemerdekaan ke 74, para petugas mengenakan pakaian adat dalam melayani masyarakat. Tak hanya itu, pembagian pita dan stiker merah putih kepada masyarakat yang sudah membayar pajak kendaraan bermotor.

Para petugas pelayanan Samsat Grobogan ini menggunakan momentum Hari Kemerdekaan dengan cara melestarikan pakaian adat dan pakaian jaman dulu. Terlihat Kanit Regident Polres Grobogan Iptu Tri Afandi yang mengenakan baju pejuang lengkap dengan helm dan sepeda jadul.

Sejak pagi, Iptu Afandi, sapaan akrabnya, mengenakan seragam pejuang tersebut. Dengan sepeda tua yang dikendarainya, Afandi menyapa masyarakat sekolah yang tengah beraktivitas pagi itu. Terutama para pelajar yang hendak sekolah.

Sesampainya di kantor, Afandi menyapa teman-temannya yang bertugas di kantor layanan tersebut. Mereka menyempatkan diri berfoto bersama dengan menggunakan pakaian adat di depan Kantor Samsat Grobogan.

“Kalau saya menggunakan pakaian pejuang ini karena ingin mengajak semua merefleksikan arti perjuangan yang dilakukan para pejuang kemerdekaan pada jaman dulu. Mereka sudah berkorban demi kemerdekaan. Untuk bajunya sendiri sudah pesan seminggu lalu dan ini pas dan nyaman. Bisa melayani masyarakat dengan nuansa yang berbeda karena kita juga menggunakan momentum ini untuk memperingati hari kemerdekaan RI ke 74,” jelas pria asal Temanggung ini.

Hal yang sama dilakukan Aipda Edy Maryanto, Baur STNK Samsat Grobogan. Beberapa waktu lalu dirinya juga sudah mempersiapkan pakaian a la Betawi. Dengan beskap dan peci lengkap serta lilitan kain, Edy melayani masyarakat yang hendak mengurus STNK.

Para petugas layanan Samsat Grobogan mengenakan pakaian adat dan pejuang dalam rangka menyemarakkan Hari Kemerdekaan RI ke 74. Foto: Hana Eswe.

“Simpel saja sebenarnya, yang penting nyaman dan bisa ikut merefleksikan momen hari kemerdekaan ini,” ujar Edy.

Di kesempatan itu, hadir Kasat Lantas Polres Grobogan AKP I Putu Krisna yang ikut menyapa masyarakat di kantor tersebut. Di tengah kesibukannya, AKP I Putu Krisna membagikan stiker dan pita merah putih sebagai souvenir kepada masyarakat yang telah patuh terhadap pajak kendaraan bermotor.

“Pagi hari ini kami dari Satlantas Polres Grobogan dan Samsat Grobogan melaksanakan pembagian pita merah putih dan stiker merah putih kepada masyarakat. Tujuannya sebagai apresiasi kepada mereka yang telah membayar pajak dimana pajak yang telah mereka bayarkan ini kembali lagi untuk pembangunan. Hal ini juga ditujukan untuk mengeluarkan semangat kebangsaan, semangat merah putih di dalam kehidupan sehari-hari,” kata AKP I Putu Krisna yang didampingi Iptu Afandi dan jajaran dari Samsat Grobogan.

Pihaknya juga mengapresiasi para petugas layanan Samsat Grobogan yang mengenakan kostum pakaian adat tersebut. Menurut AKP I Putu Krisna, hal tersebut dinilai sangat bagus dan sesuai dengan semangat kemerdekaan.

suarabaru.id/Hana Eswe.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here