Bagikan
JUARA PIALA SUPER: Liverpool merayakan sukses sebegai juara Piala Super Eropa. (dok)

ISTANBUL – Roberto Firmino menjadi pembeda dan punya peran penting dalam membawa Liverpool memenangi Piala Super Eropa 2019 setelah menang adu penalti 5-4 atas Chelsea. Dalam duel di Stadion Vodafone, Istanbul, Turki, Kamis (15/8) dini hari WIB, hingga perpanjangan waktu habis skor tetap 2-2. Dua gol Liverpool diborong Sadio Mane. Gol The Blues dicetak Olivier Giroud dan penalti Jorginho. Dua gol Mane berkat assist Firmino.

Striker asal Brasil ini masuk pada awal babak kedua menggantikan Alex Oxlade-Chamberlain. Manajer Liverpool Juergen Klopp mengakui membuat blunder saat menurunkan Chamberlain sebagai starter. Namun, itu ditebus melalui performa oke Firmino. “Dalam latihan Ox sudah menunjukkannya dan punya momen-momen bagus, tapi itu saja tak cukup untuk kualitasnya,” ungkap Klopp tentang Chamberlain.

Selain memuji Firmino, pelatih berkebangsaan Jerman ini menyanjung kiper Adrian San Miguel del Castillo. Penjaga gawang pengganti Alisson Becker itu menggagalkan eksekusi Tammy Abraham untuk memastikan kemenangan. “Adriaaaan! Seperti Rocky saja,” ujar Klopp merujuk pada Adrian Pennino, pacar Sylvester Stallone dalam film Rocky. Dia terkesan beberapa penyelamatan Adrian. Kiper Spanyol itu benar-benar tampil memuaskan.

Di kubu Chelsea, Frank Lampard merasa timnya lebih kuat. Hanya, Cesar Azpilicueta dan kolega kurang beruntung. “Nasib jelek dan penyelesaian buruk, kami harus lebih klinis. Secara keseluruhan, saya bangga dengan kinerja tim,” kata Lampard. Menurut mantan gelandang top itu, dia tidak suka kalah. Namun, eks manajer Derby County ini senang melihat etos kerja dan tekad skuadnya. (rr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here