blank
Ketua Pengadilan Negeri (PN) Wonogiri, Istiadi, memandu pengucapan sumpah/janji para anggota DPRD Wonogiri periode 2019-2024. Foto: suarabaru.id/edi

WONOGIRI-Sejumlah 50 anggota DPRD Wonogiri, Kamis (15/8) diambil sumpah dan janjinya serta ditetapkan menjadi anggota DPRD Wonogiri periode 2019-2024. Prosesi tersebut merupakan tindak lanjut dari  penetapan hasil Pemilu 2019 yang dilakukan  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonogiri, Jumat (9/8) malam.

Pengucapan sumpah janji para anggota DPRD Wonogiri itu dipandu Ketua Pengadilan Negeri (PN) Wonogiri, Istiadi, diteruskan penandatangan berita acara dan penyerahan surat keputusan.

Prosesi dilanjutkan dengan penyerahan palu sidang, dari Ketua DPRD lama yang diwakili Sunarmin, diserahkan kepada Ketua DPRD sementara, Setyo Sukarno. Penyerahan palu disaksikan seluruh anggota DPRD yang lama maupun yang baru, anggota Forkompimda, dan para tamu undangan.

Setyo Sukarno, ketika ditemui menuturkan bahwa pihaknya beserta para anggota DPRD yang baru saja mengucapkan sumpah janji, siap melaksanakan tugas. Sedangkan agenda paling dekat yang harus dilaksanakan adalah mendengarkan pidato presiden saat hari kemerdekaan.

Seperti pernah disampaikan Toto Sihsetyo Adi, Ketua KPU Wonogiri pada acara rapat pleno penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Wonogiri pada Pemilu tahun 2019, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) meraih 28 kursi dari 50 kursi yang ada.

Terbanyak kedua diraih Partai Golkar ( 8 kursi), disusul Partai Gerindra dan PKS masing-masing empat kursi, serta PKB dan PAN masing-masing tiga kursi.

‘’Untuk penyebarannya, PDIP memperoleh 6 kursi di Dapil I hingga IV dan 4 kursi di Dapil V. Sedangkan Partai Golkar memperoleh 2 kursi di Dapil I hingg III ditambah satu kursi di Dapil IV dan V,’’ jelas Toto.

Sedangkan Gerindra mendapatkan kursi di Dapil I, II, IV dan V masing-masing satu kursi. PKS memperoleh kursi di Dapil I, III, IV dan V masing-masing satu kursi. PKB meraih kursi di Dapil III, IV dan V. PAN mendapatkan kursi di Dapil I, II dan V.

Toto juga memaparkan, di Wonogiri PDIP meraup suara terbanyak, yakni 325.465 suara (54,00 persen). Urutan kedua diduduki Partai Golkar (88.747 suara atau 14,72 persen). Urutan ketiga Partai Keadilan Sejahtera (44.422 suara, atau 7,37 persen), disusul Partai Gerindra (36.717 suara, 6,09 persen), PKB (30.106 suara, 4,99 persen) dan PAN (27.889 suara atau 4,63 persen).  ‘’Kalau se Wonogiri, total suara ada 602.751 suara,’’ paparnya.

(suarabaru.id/edi)