blank
Grup karawitan siswa MTs N 1 Kebumen turut memeriahkan pembukaan Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Jateng 2019, Rabu 14/8 sore.(Foto:Suarabaru.id/Ist)

KEBUMEN – Sebanyak 1.155 siswa MI/SD, MTs/SMP dan MA/SMA se Jateng selama dua hari  Rabu-Kamis (14-15/8) ini mengikuti Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Provinsi Jateng di Kebumen. Acara dibuka oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Jateng Drs H Farhani SH MM,  di MTs Negeri 1 Kebumen di Jalan Tentara Pelajar, Rabu (14/8) malam, serta dihadiri Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz.

Menurut Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Kebumen H Panut SPd MM, ajang KSM Tingkat Provinsi Jateng  2019 bertujuan menyediakan wahana bagi siswa madrasah mengembangkan bakat dan minat di bidang sains sehingga dapat menumbuhkan dan mencintai sains, memotivasi siswa madrasah agar selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional dan spiritual berdasarkan nilai-nilai agama. Selain itu juga untuk menumbuhkan budaya kompetisi yang sehat di kalangan siswa madrasah serta memberikan kesempatan yang sama bagi siswa dalam belajar, berkreativitas dan berprestasi.

Panut mengungkapkan, kegiatan pembukaan dan penutupan KSM Provinsi Jateng 2019 dipusatkan di MTs N 1 Kebumen. Sedangkan kegiatan lomba lainnya ditempatkan di MTs N 2, MTs N 3, MTs N 5, MAN 1, MAN 2 dan MAN 3 Kebumen.  Selain peserta yang terdaftar 1.155 siswa, ada tim pendamping sekitar 1.100 orang dan orang tua siswa sekitar 1.100 orang.

Dia jelaskan pula, KSM Tingkat Provinsi Jateng 2019 ini diselenggarakan Kanwil Kemenag Provinsi Jateng melombakan  11 bidang mata pelajaran. Yaitu dua mapel untuk siswa MI, tiga mapel untuk siswa MTs, lima mapel untuk siswa MA.”Kami sebagai panitia pelaksana KSM sudah siap 100 persen. Semoga Kebumen bisa menjadi tuan rumah yang baik dan kegiatan ini betul-betul menjadi syiar yang meramaikan Kebumen karena banyak tamu baik peserta, tim dan pendamping dari 35 kabupaten dan kota se Jateng tinggal di Kebumen selama dua hari,”jelas Panut.

Dimeriahkan Pagelaran Seni

Panut menambahkan, guna memeriahkan upacara pembukaan, pihaknya telah menyiapkan berbagai atraksi seni dan dimulai sebelum acara atau praacara sejak pukul 16.00. Diantaranya  pentas seni karawitan dari siswa MTs N 1 Kebumen, kemudian Voice of Mandamen dari MAN 2 Kebumen serta bintang televisi cilik Bocah Ngapak Pol Apike tiga siswa MI Maarif Sadang Wetan yang tampil tiap Sabtu dan Minggu tayang di Trans 7, serta dalang cilik dari MAN 3 Kebumen.

Selama ajang KSM se Jateng para peserta, dan tim dan pendamping dari 35 kabupaten dan kota menginap di sejumlah hotel, penginapan hingga home stay yang ada di Kabupaten Kebumen.”Harapan kami kehadiran peserta dan pendamping dari 35 kabupaten dan kota di Jateng akan semakin mengenalkan potensi pariwisata Kebumen serta menghidupkan usaha perhotelan, penginapan hingga usaha kuliner,”ungkap Panut.

Kepala  MTs N 1 Kebumen H Siswanto MPdI didampingi guru Salim Wazdy MPd berterima kasih atas kepercayaan lembaganya ditunjuk sebagai  lokasi upacara pembukaan dan penutupan KSM Tingkat Jateng 2019. Tentu penunjukan tersebut tidak lepas dari berbagai  prestasi yang diraih MTs N 1 Kebumen selama ini. Dua tahun ini siswa MTs N 1 Kebumen meraih nilai rata-rata tertinggi UN di Kabupaten Kebumen antarSMP/MTs, peringkat 2 Tingkat Nasional antar MTs dan peringkat  I Tingkat Nasional antar MTs Negeri. Pada UN tahun 2019 ini jumlah nilai 100 sebanyak 49 anak dengan rincian 45 matematika, 3 bahasa Inggris, 1 IPA. Selain itu, siswa MTs N 1 Kebumen juga berhasil lolos dalam ajang Madrasah Young Reseacher Supercamp Tahun 2018 dan 2019.

Suarabaru.id/Komper Wardopo