blank

SEMARANG- Dosen Kebidanan dan Komunikasi Unissula mengadakan pengabdian masyarakat di Panti Asuhan Noor Hidayah Muktiharjo Semarang yang dimulai Jum’at 12/7/2019. Ketua Tim Noveri Aisyaroh mengatakan tujuan pengabdian masyarakat ini adalah mengajarkan pengetahuan tentang kesehatan reproduksi remaja melalui metode personal branding. Menurutnya personal branding sebetulnya adalah bagaimana seseorang mengembangkan dan memaksimalkan potensi/keterampilan diri (skill), perilaku (behaviour) dan memahami nilai unggul (value) dalam dirinya sehingga memahami apa yang ingin dilakukan dan ingin dicapai dalam dirinya.

Menurut Noveri masa remaja adalah masa yang paling penting bagi kehidupan seseorang. “Remaja perlu dilatih sejak dini tentang pengenalan kemampuan dirinya agar mampu memahami apa yang menjadi tujuan hidupnya dan apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut dengan perilaku dan pola hidup yang bersih dan sehat baik secara fisik, psikologis maupun spiritual sehingga pendampingan seperti ini sangat dibutuhkan oleh remaja”. Panti asuhan Noor Hidayah menjadi prioritas karena dalam masa pertumbuhannya anak-anak ini tidak didampingi oleh orang tua sehingga peran dosen sebagai pendidik bisa lebih maksimal dengan kegiatan  pengabdian kepada masyarakat.

“Kegiatan PKM yang didanai Kemenristekdikti tahun 2019 dilakukan melalui peningkatan pengetahuan tentang kesehatan reproduksi remaja, perilaku hidup bersih dan sehat, pemeriksaan Hb bagi remaja putri, pembentukan peer educator serta mengoptimalkan kemampuan public speaking dengan serangkaian kegiatan penyuluhan, permainan, praktik dan pengenalan situasi melalui pelatihan table manner.

Tim pengabdian juga mengajak remaja panti kegiatan di luar, yaitu pelatihan table manner di hotel, anak-anak diajak hotel tour ke beberapa ruangan penting hotel. Kegiatan PKM diharapkan mampu membentuk personal branding remaja agar menjadi bekal dalam menjalani kehidupan selanjutnya dengan lebih baik dengan lebih percaya diri” ujar Noveri. Dalam kegiatan ini Noveri bekerjasama dalam tim dengan dosen kebidanan yang lain Isna Hudaya dan dosen Ilmu Komunikasi Made Dwi Adnjani yang memiliki kemampuan sesuai bidangnya masing-masing serta beberapa mahasiswa Unissula./ suarabaru.id