Bagikan
Momentum malam Hari Pramuka diperingati Kwarcab Grobogan dengan upacara renungan dan ulang janji di Halaman SMPN 2 Purwodadi, Selasa (13/8) malam. Foto: Hana Eswe.

GROBOGAN – Kwartir cabang (Kwarcab) Grobogan menggelar upacara renungan dan ulang janji dalam rangka peringatan Hari Pramuka ke 58. Upacara tersebut digelar di SMPN 2 Purwodadi, Selasa (13/8) malam.

Dalam kesempatan itu, Ketua Kwarcab Grobogan Kak Agus Siswanto bertindak sebagai inspektur upacara. Kegiatan ini juga dihadiri para pengurus Pramuka Kwarcab Grobogan serta para anggota pramuka dan juga tamu undangan lainnya.

Bertempat di halaman SMPN 2 Purwodadi suasana upacara ini terlihat khusuk. Tidak ada lampu sebagai penerang. Hanya obor serta lilin-lilin kecil yang mengitari sepanjang halaman lapangan sekolah tersebut.

Di sela-sela upacara tersebut, seluruh peserta upacara mengulang janji pramuka yang tercantum dalam Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka. Momen ini dilakukan sekaligus mengingatkan kepada para peserta tentang kesetiaan yang harus dipenuhi setiap anggota Pramuka dan berpegang pada 10 pedoman dalam Dasa Dharma.

Kak Agus Siswanto menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mengingatkan kembali kepada seluruh elemen masyarakat sebagai generasi penerus bangsa yang bergabung dalam kepanduan. Momen ini disebutnya sebagai wujud seluruh anggota benar-benar mendarmabaktikan Dasa Dharma Pramuka.

“Untuk ikut serta mewujudkan cita-cita luhur bangsa dan harapan kami, gerakan Pramuka bisa masif di Kabupaten Grobogan,” jelas pria yang juga menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Grobogan 2014-2019 ini.

Mengenai pentingnya kegiatan Pramuka, Kak Agus Siswanto menekankan Pramuka menjadi hal yang wajib dilakukan para pelajar di sekolah-sekolah. Untuk itu, perlu adanya peranan orang tua demi terwujudnya gerakan pramuka di generasi mendatang.

“Peran orang tua sangat penting dalam gerakan Pramuka. Harapan kami, para orang tua ikut mendorong, membimbing, dan mengarahkan anak-anaknya dalam gerakan Pramuka. Tanpa kepedulian mereka, kita tidak bisa berbuat banyak untuk membuat gerakan massif di Kabupaten Grobogan,” pungkas ayah dua anak ini.

suarabaru.id/Hana Eswe.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here