Bagikan

Droping air bersih di Dusun  Sembungan Desa Kembanglimus Kecamatan Borobudur, Jawa Tengah, dalam rangka Program Andum Tirto Polres Magelang. (Foto: SB/Tuhu)

BOROBUDUR – Desa-desa yang mengalami kekeringan musim kemarau, silakan ajukan permohonan bantuan air bersih kepada BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, akan mengirimkan air bersih.

“Droping air menggunakan truk tangki yang memiliki kapasitas 5000 liter,” kata Kabid Kedaruratan dan Logistik, BPBD Kabupaten Magelang, Supranowo SH MM, Selasa (13/8), di sela-sela droping air bersih di Dusun Sembungan, Desa Kembanglimus, Kecamatan Borobudur, dalam rangka Program Andum Tirto.

Program tersebut adalah aksi sosial dari Polres Magelang dalam menyambut HUT ke 71 Polwan.

Supranowo mengemukakan, bantuan air  diberikan dua tiga hari sekali, sesuai kebutuhan desa. Proses droping bisa lebih cepat, bila desa pemohon bantuan air telah memiliki bak penampungan.

Pemberian bantuan air bersih ke desa-desa kekeringan, dilaksanakan selama kemarau yang diprakirakan oleh BMKG, sampai September 2019.

Kades Kembanglimus, Iswoyo SPd, menyebutkan,  tujuh dusun, dan yang paling parah mengalami kekeringan antara lain Dusun Sembungan, Dusun Wonotigo dan Dusun Gombong. Sehari hari warga mengandalkan mata air. Tetapi kemarau, mata air kering.

“Kami ucapkan terima kasih atas bantuan air bersih,” katanya.

Kabag Perencanaan Polres Magelang, Kompol Sumaryati,mengemukakan, masyarakat bisa mengajukan permohonan bantuan air melalui Program Andum Tirto ke Polres. (Suarabaru.id/Tuhu Prihantoro)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here