Bagikan
Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito menyerahkan sapi kurban kepada warga Kampung Tidar Baru. (Humas Pemkot Magelang)

 

MAGELANG- Wali Kota Sigit Widyonindito menyerahkan hewan kurban kepada warga Tidar Baru, Kelurahan Magersari, Kecamatan Magelang Selatan, Minggu (11/8). Kebiasaan ini dilakukan Sigit pada setiap Hari Raya Idul Adha, sedang lokasinya bergantian.

Yang diserahkan seekor sapi warna cokelat dengan berat sekitar 6,5 kwintal. Penyerahan dilakukan usai  melaksanakan salat Id berjamaah di Masjid Al-Huda.

Turut hadir pada acara itu Wakil Wali Kota Windarti Agustina, Sekda Joko Budiyono, sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Direktur  BUMD, dan masyarakat setempat.

‘’Setiap Idul Adha memang keliling kampung. Tahun ini Kampung Tidar Baru di Masjid Al Huda,’’ kata Sigit.

Selain satu ekor sapi pemberian dari orang nomor satu di Kota Sejuta Bunga itu, juga dilaksanakan penyembelihan hewan kurban oleh umat muslim lainnya. Setelah itu daging kurban dibagikan kepada warga.

Sigit mengaku sangat bersyukur karena bisa merayakan Idul Adha dengan warga. Dirinya bersama para pejabat terkait bahkan menyempatkan diri untuk makan bersama secara sederhana dengan masyarakat setempat.

‘’Kebersamaan masyarakat memang luar biasa. Makan-makan bersama ini sederhana, tapi terasa sangat nikmat,’’ ujarnya.

Menurutnya, perayaan Idul Adha sebaiknya dimaknai dengan sisi positif untuk makin sabar dan ikhlas. Dia mengajak masyarakat untuk meneladani sifat-sifat itu dalam mengisi pembangunan, serta perjuangan dalam menuju Kemerdekaan RI. Terlebih pekan depan masyarakat Indonesia akan merayakan Hari Proklamasi Ke-74 tahun.

‘’Kita maknai kurban bagaimana kita mengisi pembangunan. Yaitu dengan perjuangan dan juga bagaimana berkurban untuk kesejahteraan serta kebersamaan kita semua,’’ tuturnya.

Dia menambahkan, kurban merupakan salah satu bentuk melatih sifat kesabaran dan keikhlasan. ‘’Mari kita bersama-sama berkurban untuk melatih kesabaran dan keikhlasan. Insya Allah kita akan senantiasa mendapatkan petunjuk dari Allah Swt,’’ ajaknya.

Dia berharap, Kota Magelang senantiasa diberi keberkahan dan kemudahan menjalankan program-program pembangunan.

Sigit juga mengingatkan warganya agar selalu memanjatkan doa kepada Allah SWT. ‘’Kita berdoa dan berusaha agar semua elemen di Kota Magelang bisa semakin sinergis menghadapi banyak tantangan agar program-program pembangunan bisa berjalan lancar dan dinikmati masyarakat,’’ ungkapnya.

Ketua PMI Kota Magelang Sumartono menyerahkan tiga ekor kambing kurban kepada warga Dusun Drojogan RT 06/RW 06 Sidorejo, (Suarabaru.id/Dok PMI Kota Magelang)

Pada hari yang sama, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Magelang juga menyerahkan tiga ekor kambing kepada warga  Dusun Drojogan RT 06/RW 06 Sidorejo, Bandongan, Kabupaten Magelang, diterima Ketua RT Mansyur.

Penyerahan dilakukan Ketua PMI setempat Sumartono a didampingi pengurus, kepala markas, komandan relawan dan anggota relawan.

Sumartono yang juga Inspektur Kantor Inspektorat Kota Magelang menerangkan, hewan kurban ini disalurkan kepada warga yang berhak menerimanya,
semoga dapat bermanfaat serta memberikan keberkahan bagi kita semua.

Yang  tidak kalah penting, lanjutnya, penyerahan hewan kurban ini merupakan bentuk semangat PMI Kota Magelang dalam berkurban untuk kepentingan kemanusiaan, serta merupakan wujud kepedulian dari PMI kepada masyarakat.

Diharapkan PMI Kota Magelang dapat terus melekat dihati setiap insane, dan dapat mewarnai setiap langkah dan kegiatan di tengah masyarakat, sehingga keberadaan dan manfaat PMI dirasakan oleh masyarakat luas. (hms)

Editor : Doddy Ardjono

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here