blank
Ketua DPC PDIP Kebumen Saiful Hadi masuk menjadi Tim Perumus Sidang Komisi 4 Kongres PDIP di Bali, baru-baru ini. (Foto: Suarabaru.id/Ist)

KEBUMEN –  Menjelang pelantikan 50 anggota DPRD Kabupaten Kebumen 2019-2024, DPC PDIP Kebumen yang meraih 12 kursi atau terbanyak, telah menyiapkan kandidat Ketua Dewan. Bahkan empat nama kini telah diajukan oleh DPC PDIP Kebumen ke DPP PDIP di Jakarta.

Ketua DPC PDIP Kebumen Saiful Hadi SIKom dihubungi Suarabaru.id menyatakan, keempat nama anggota terpilih DPRD Kebumen dari PDIP Periode 2019-2024 sebagai kandidat Ketua DPRD Kebumen itu terdiri atas H Sarimun SAy, Fitria Handini SH, Bambang Sutrisno SE dan Tatag Sajoko SH.

“Kami telah mengajukan empat nama tersebut ke DPP sesuai Peraturan Partai Nomor 27.  Apa pun keputusan DPP akan kita tindaklamjuti dan jalankan,”tandas mantan Ketua Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) PDIP Jateng asal Desa Kalipoh, Kecamatan Ayah, Kebumen itu.

Sarimun merupakan incumbent dan paling berpeluang karena saat ini menjabat sebagai Sekretaris DPC PDIP Kebumen. Wakil rakyat asal Pembun itu dikenal pula sebagai politisi lama dan memiliki latar belakang sebagai kades. Sedangkan Fitria Handini juga incumbent dan politisi muda asal Sruweng. Bambang Sutrisno pernah menjadi anggota Dewan berdomisi di Karanggayam dan saat ini menjadi Wakil Ketua DPC. Demikian pula Tatag Sajoko pernah duduk sebagai Legislatif dan saat ini menjabat Ketua PAC Bonorowo.

Masuk Tim Perumus

Saiful Hadi berharap kepada 12 anggota DPRD Kebumen yang akan dilantik 13/8 bisa melaksanakan tugas dan fungsi dengan baik. Yakni aspiratif atau bisa menyerap aspirasi dan keinginan rakyat, artikulatif atau menyuarakan keinginan rakyat dalam bentuk program, serta agregasi, yakni memperjuangan dan melobi supaya keinginan rakyat bisa terwujud. Harapan lain agar mereka bisa amanah, lancar dan selamat sampai akhir masa jabatannya.

Sebelumnya, pada Kongres PDIP di Bali beberapa waktu lalu Ketua DPC PDIP Kebumen itu masuk dalam Tim Perumus Rekomendasi dalam Sidang Komisi 4 Bidang Pemenangan Elektoral Pilkada dan Pemilu. Sidang ini membahas sikap politik, sistem pemilu dan kepartaian,  program internal serta program eksternal.

Menurut Saiful, terkait program eksternal menyangkut dua hal. Pertama,  tentang perlunya revisi  Undang-udang pemilu. Kedua, membangun koalisi ideologis dan strategis. Pimpinan Sidang Komisi 4 Bambang Wuryanto DPR RI dan Ketua DPD PDIP Jateng. Pemateri Dr Arif Wibowo, anggota DPR RI yang juga kepala BSPN Pusat.

Mengenai hasil Kongres PDIP di Bali yang memilih kembali Megawati Soekarno Putri sebagai Ketua Umum DPP PDIP 2019-2024, Saiful menegaskan bahwa segenap pengurus DPC PDIP Kebumen menyambut gembira dan bahagia. Sebab hal itu sesuai dengan keinginan seluruh pengurus, kader dan simpatisan. Bahkan hal itu sejalan pula dengan aspirasi seluruh DPC dan DPD PDIP se Indonesia.

Suarabaru.id/Komper Wardopo