blank
Cesar Azpilicueta/dok

LONDON – Selepas menelan kekalahan telak di markas Manchester United, Chelsea diminta segera move on. The Blues ditunggu Liverpool pada Piala Super Eropa di Vodafone Park, Istanbul, Kamis (15/8) dini hari WIB. “Kami tak punya waktu yang banyak, karena akan langsung ke Piala Super Eropa,” ujar Cesar Azpilicueta, kapten Chelsea. “Kami ingin meraih trofi, dan kami harus memberikan segalanya,” tandasnya.

Bek kanan ini mengakui timnya tidak membuat start yang bagus di Liga Primer Inggris. Meski tak punya modal mantap, skuadnya siap menyulitkan The Reds. ”Sebelum kebobolan dari titik putih, kami punya beberapa kesempatan untuk mencetak gol,” tutur Azpilicueta. Lini belakang Si Biru terutama di sektor bek tengah memang belum solid. Antonio Ruediger masih cedera, sedangkan David Luiz pindah ke Arsenal. Kombinasi Andreas Christensen dan Kurt Zoma sama sekali tak meyakinkan. Zoma bahkan membuat pelanggaran yang berakibat penalti.

Manajer Chelsea Frank Lampard menyatakan Azpilicueta dan kolega membuat empat kesalahan yang berhasil dimanfaatkan lawan. Menurut mantan gelandang itu, itu adalah pengecekan realitas. “Ini sebenarnya bukan pertandingan yang mencerminkan skor 4-0 untuk waktu yang panjang, tapi kami mesti menerimanya. Kami punya Piala Super (Eropa) mendekat dan kemudian laga kandang pertama di Premier League,” ungkap Lampard. Eks manajer Derby County ini telah menyiapkan evaluasi dan menganalisisnya. Dia menjanjikan penampilan lain melawan The Reds. ”Kami optimistis bisa cepat bangkit. Butuh permainan yang lebih gigih saat meladeni Liverpool,” papar Lampard. (rr)