blank
Bupati Grobogan Sri Sumarni memasang sabuk ikat pinggang merah sebagai simbolisasi dilantiknya 72 anggota Paskibraka Grobogan yang akan bertugas pada 17 Agustus 2019 mendatang. Foto: Hana Eswe.

GROBOGAN – Pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) Grobogan dilantik Bupati Sri Sumarni, Senin (12/8). Bertempat di Pendopo Kabupaten Grobogan, sebanyak 72 anggota Paskibraka ini mengucapkan janji pelantikan di depan Sri Sumarni dan tamu undangan.

Hadir dalam kegiatan ini, Ketua DPRD Kabupaten Grobogan Agus Siswanto, Ketua PN Purwodadi Chyrilla Nur Endah, Wakapolres Grobogan Kompol Dwi Hendro Pudiyanto, perwakilan Kodim 0717/Purwodadi, perwakilan Kejari Grobogan serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Sri Sumarni mengatakan, harapan untuk mewujudkan Indonesia sebagai Negara maju dengan potensi bonus demografi dan anugerah sumber daya alam, tidak berlebihan jika melihat capaian pembangunan yang telah berhasil diraih oleh bangsa Indonesia dalam waktu akhir-akhir ini.

Beberapa prediksi lembaga survey asing yang memproteksikan Indonesia akan sejajar dengan Cina dan Amerika Serikat sebagai Negara dengan ekonomi terbesar di dunia pada 2030. Dari harapan itulah, Sri Sumarni berharap masyarakat Kabupaten Grobogan, khususnya untuk generasi penerus pembangunan wilayah ini, tak terkecuali kepada para anggota Paskibraka.

“Kepada anak-anakku Paskibraka, kami berharap jadilah pemuda yang gemar bekerja keras, kreatif, inovatif, dan berakhlak mulia untuk mencapai kemajuan bersama bagi daerah, bangsa, dan Negara serta tetap berkomitmen menjaga keutuhan bangsa dan negara kesatuan republuk Indonesia yang kita cintai bersama,” ujar Sri Sumarni.

Diterangkan juga, sebanyak 72 anggota Paskibraka ini berasal dari siswa-siswi terbaik dari 22 SMA/SMK/MA yang ada di Kabupaten Grobogan. Selama 14 hari mereka di-gembleng dengan latihan, didikan dan dibentuk untuk menjadi calon Paskibraka yang disiplin, berintegritas, yang memiliki jiwa pengabdian dan nasionalisme yang menyala-nyala.

“Dan hari ini dikukuhkan  secara resmi sebagai pasukan pengibar bendera pusaka Kabupaten Grobogantahun 2019 yang akan bertugas mengibarkan dan penurunan bendera pada upacara peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan ke 74 pada 17 Agustus 2019. Selamat atas terpilihnya kalian sebagai anggota Paskibraka Kabupaten Grobogan 2019. Kalian harus bangga karena menjadi Paskibraka ini tidak mudah, namun harus melalui seleksi yang ketat dan yang terbaiklah yang terpilih,” ucap Sri Sumarni.

Pihaknya juga berpesan agar para anggota Paskibraka ini tetap menjaga kesehatan, kedisiplinan dan kekompakan untuk mengemban tugas mulia dengan semangat dan penuh tanggung jawab.

Pelantikan anggota Paskibraka ini ditandai dengan pemasangan ikat pinggang berwarna merah yang dipasang secara simbolis oleh Bupati Sri Sumarni. Selain itu, seluruh anggota Paskibraka juga diminta hormat dan mencium bendera merah putih sebagai kesungguhan mereka melakukan tugasnya pada saat upacara peringatan Hari Proklamasi ke 74 di Alun-alun Purwodadi.

suarabaru.id/Hana Eswe.