blank
Warga Dusun Paingan, Desa Kleteran, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang dalam menyambut HUT ke-74 Kemerdekaan RI dengan cara melukis ikan koi di jalanan perkampungan setempat. Lukisan tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat sekitarnya. Foto: Suarabaru.id/ Yon

MAGELANG- Menyambut HUT Kemerdekaan RI yang biasa diperingati setiap 17 Agustus, masyarakat di segala penjuru pelosok negeri berlomba-lomba menghias jalan, gapura pintu masuk dan lainnya. Tidak terkecuali warga Dusun Paingan, Desa Kleteran, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang.

Namun, yang dilakukan warga di kaki Gunung Andong tersebut lain daripada yang lain, yakni menghias jalan perkampungan  sejauh 500 meter dengan lukisan mural bergambar ikan koi.

Meskipun lukisan tersebut belum jadi semuanya, yakni baru sepanjang 150 meter dari 500 meter panjang jalan kampung tersebut, namun telah viral di media sosial . Namun, gambar tiga dimensi ikan koi  seperti berenang di dalam  kolam dan ada beberapa bunga terata itu, sudah menjadi daya tarik tersendiri bagi orang-orang dari luar Dusun Paingan   untuk melihat lukisan tersebut dan digunakan untuk berswa foto.

Salah satu penggagas lukisan  itu, Narwanto mengatakan, ide pembuatan karya seni dengan media jalan kampung tersebut, pada awal masyarakat setempat  dalam menyambut HUT ke-74 Kemerdekaan RI ini dengan melukis  gapura. Namun, di dusun tersebut belum memiliki gapura. Lalu, dalam benak sejumlah pelaku seni yang ada di Kampung Paingan terpikir untuk melukis di jalanan kampung.

“Setelah mendapatkan persetujuan dari kepala kelurahan,  15 warga Kampung Paingan yang mempunyai jiwa seni lukis kemudian menuangkan karyanya tersebut dengan media jalan kampung dan menggunakan cat akrilik,” katanya.

Ia menambahkan, pelaksanaan pembuatan lukisan ikan koi di jalanan perkampungan tersebut dilakukan sejak Senin ( 5/8) lalu dan mendapat respon positif warga setempat yang membantunya secara gotong -royong. Bahkan, tidak jarang pembuatan lukisan tersebut dilakukan hingga “lembur” malam hari.

“Sedangkan biaya untuk membeli cat dan keperluan lainnya dikumpulkan secara swadaya dari warga dan para donator,” imbuhnya.

Menurutnya, dipilihnya ikan koi untuk dilukis di atas jalanan aspal tersebut, karena warna ikan koi sebagian besar berwarna  merah putih  dan sesusai dengan  nuansa kemerdekaan.

Pelukis lainnya, Genjong mengatakan, ia bersama teman-temannya  tidak kepikiran hasil karyanya menjadi viral melalui media sosial.  Namun, yang ada di benak mereka yakni  ingin menghias Dusun Paingan seindah- indahnya sesuai dengan bakat dimilikinya. Selain itu, karyanya tersebut ditujukan untuk menyemarakkan HUT ke-74 Kemerdekaan RI.

Mereka pun mempunyai target ini  ingin menyempurnakan lukisan yang telah ada dan melengkapi hiasan di pinggir jalan serta menambah spot foto.

Ia juga berharap, dengan adanya lukisan tersebut menjadikan Desa Kleteran, khususnya Dusun Paingan bisa menjadi desa tujuan wisata dan desa edukasi.

“Di benak kami tidak pernah ada kepikiran untuk menjadikan karya ini menjadi viral, melainkan untuk menyambut HUT kemerdekaan para warga menghias desa seindah-indahnya. Dan, barangkali bisa menjadi desa wisata,” ujarnya.

Suarabaru.id/ Yon