blank
Komandan Dodik Bela Negara Rindam IV/Diponegoro Letkol Infanteri Tentrem Raharjo menutup TMMD Sengkuyung Tahap II fi Kota Magelang dengan memukul gong, (Humas Pemkot Magelang)

 

MAGELANG- Progam TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung tahap II tahun 2019 di Kota Magelang ditutup Kamis (8/8).

Penutupan ditandai dengan penyerahan kembali peralatan kerja dari pekerja kepada inspektur upacara Letkol Infanteri Tentrem Raharjo, Komandan Dodik Bela Negara Rindam IV/Diponegoro.

Program TMMD Sengkuyung tahap II yang berlangsung sejak 10 Juli 2019 dilaksanakan di RT 2 RW X Kelurahan Kedungsari, Kecamatan Magelang Utara, meliputi kegiatan fisik dannonfisik.

Untuk kegiatan fisik berupa pembangunan saluran irigasi sepanjang 71 meter. Sedang nonfisik berupa penyuluhan bela negara dan wawasan kebangsaan, penyuluhan perilaku hidup bersih dan sehat, serta penyuluhan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Berikutnya, penyuluhan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) serta kamtibmas dan narkoba. Total anggaran TMMD Sengkuyung tahap II mencapai Rp 360.158.000.

Letkol Infanteri Tentrem Raharjo membacakan   amanat Pangdam IV/Diponegoro Mayjen Mochamad Effendi meminta agar terus memupuk semangat kebersamaan dan kemanunggalan antara TNI dengan rakyat.

Selain itu, memelihara semangat gotong royong sebagai warisan budaya bangsa Inddonesia yang sudah terbina dengan baik selama ini.

Dia juga berpesan kepada komandan Satgas TMMD untuk melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap pelaksanaan TMMD.

‘’Pelihara hasil program TMMD, lakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap pelaksanaan TMMD untuk dijadikan bahan perbaikan pada TMMD mendatang. Kepada para prajurit, jalin terus silaturahmi dan hubungan baik dengan masyarakat,’’ pintanya pada upacara penutupan di Lapangan SMA Negeri 5 Kota Magelang.

Menurutnya, program ini tidak hanya dilaksanaan di Magelang, tapi dilaksanakan di sejumlah wilayah di Jawa Tengah dan DIY. Adapun wilayah penyebaran TMMD Reguler ke 105 di antaranya di Kabupaten Tegal, Demak, Klaten dan Gunung Kidul DIY.

‘’Melalui program ini TNI dan rakyat bergotong-royong mengerjakan pembangunan sarana fisik maupun nonfisik. Harapannya bisa membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,’’ ujar Tentrem.

Asisten III Bidang Administrasi Setda Kota Magelang, Isa Ashari mengucapkan terima kasih kepada segenap anggota TNI yang terus berkomitmen untuk membantu pembangunan daerah melalui program TMMD Sengkuyung. TMMD hingga saat ini telah mampu menumbuhkan semangat gotong-royong masyarakat.

Tidak hanya itu, lanjut Isa, program ini turut mendukung percepatan pembangunan serta membantu menyosialisasikan kepada masyarakat tentang bahaya narkoba, radikalisme dan terorisme untuk menangkal bermacam ancaman dari dalam.

‘’Kegiatan TMMD memberikan dampak positif bagi masyarakat, sebagai upaya peningkatan kesejahteraan dan pengentasan kemiskinan. Semoga sinergi rakyat dan TNI terus terjalin dengan baik,’’ ungkap Isa. (hms)

Editor : Doddy Ardjono