blank
Roberto Firmino/dok

LIVERPOOL – Runner up musim lalu, Liverpool akan mengawali Liga Primer Inggris 2019-2020 dengan menjamu tim promosi Norwich City di Anfield, Sabtu (10/8) dini hari WIB. Selain ingin membuat start manis, The Reds punya misi menjaga rekor tanpa kalah di kandang sendiri. Si Merah sudah 25 kali tak terkalahkan dalam partai Premier League di Anfield. Bahkan, secara keseluruhan The Kop belum merasakan kekalahan dalam 40 pertandingan di markasnya.

Secara teknis, Liverpool jelas unggul segalanya di atas The Canaries. Namun, manajer Juergen Klopp meminta Jordan Henderson dan kolega untuk tak meremehkan lawan. The Anfield Gank diharuskan fokus meraih tiga poin. Tumpuan gol bakal mengandalkan trio Divock

Origi, Roberto Firmino, dan Mohamed Salah.

”Dia melakukan pekerjaan dengan sangat hebat dan banyak mantan pemain saya yang bermain di Norwich seperti Mario Vrancic, Marco Stiepermann, Christoph Zimmerman, dan Moritz Leitner,” ungkap Klopp memuji Manajer Norwich Daniel Farke. “Kami menjadi juara bersama pada musim 2011-2012, jadi saya tak sabar bertemu mereka dan juga Daniel untuk kali pertama,” imbuhnya.

Bagaimana dengan Si Kenari? Farke tahu betul kapasitas dan kualitas Klopp. Sebelum ke Inggris pada 2017, dia menukangi tim yunior Borussia Dortmund. Farke (42) sukses membawa Norwich promosi langsung pada musim lalu. Dia dikenal sebagai pelatih yang tenang, dan suka bekerja keras. Farke sama sekali tidak takut menghadapi Liverpool dan seniornya, Klopp. Dengan persiapan yang baik, dia yakin bisa menyulitkan juara Eropa itu.

Farke dipastikan kehilangan Christoph Zimmermann, Alex Tettey, dan Louis Thompson yang masih bergelut dengan cedera. Untuk mencuri gol, pasukan tim tamu bertumpu pada striker Teemu Pukki yang musim lalu mengoleksi 30 gol. Si Merah akan tetap mengusung skema 4-3-3. Sementara Si Kenari mengandalkan formasi paten 4-3-2-1. (rr)